Apa Yang Akan Terjadi Pada Bumi Jika Matahari Tiba-Tiba Padam

Jika Matahari Tiba-Tiba Padam
Jika Matahari Tiba-Tiba Padam. Foto: unsplash

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi jika matahari tiba-tiba menghilang? Atau apa yang kita lakukan saat matahari tiba-tiba padam?

Matahari adalah bintang dan pusat tata surya kita. Segala sesuatu di tata surya kita berputar mengelilingi matahari. Hampir tidak mungkin untuk memahami betapa pentingnya matahari bagi kehidupan di bumi.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Massa matahari yang sangat besar menarik semua planet lain di tata surya ke arahnya. Karena bumi dan semua planet lainnya bergerak sangat cepat di luar angkasa, kehadiran matahari membuat planet terus bergerak. Jika matahari tiba-tiba menghilang, Bumi dan planet lain akan tetap bergerak maju, terbang melintasi angkasa dalam garis lurus.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi, tapi yang pasti penghuni bumi akan menghilang ke angkasa!

Tanpa Matahari, tidak akan ada manusia di muka bumi. Para ilmuwan yang telah mempelajari asal-usul kehidupan di Bumi menunjukkan posisi Bumi yang sempurna antara jaraknya dari Matahari, ini adalah salah satu faktor utama dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan adanya kehidupan di Bumi.

Jadi apa yang akan terjadi pada kehidupan jika Matahari tiba-tiba menghilang? Cahaya dari Matahari membutuhkan waktu delapan setengah menit untuk mencapai Bumi, kita tidak akan langsung menyadarinya jika Matahari tiba-tiba padam atau menghilang. Namun, sembilan menit kemudian, bumi akan dilanda kegelapan total, tidak ada cahaya sama sekali.

Jika Bumi tiba-tiba gelap apakah kita bisa melihat Bulan? Tentu tidak, karena Bulan tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Kita bisa melihat Bulan, karena Bulan sebenarnya memantulkan cahaya Matahari. Saat sinar matahari yang menyinari Bulan menghilang. Hal yang sama berlaku untuk banyak benda langit lainnya di langit, seperti planet, yang kita lihat hanya karena pantulan cahaya Matahari.
Tanpa kehangatan Matahari, Bumi akan menjadi tempat yang jauh lebih dingin dari sekarang. Untungnya, Bumi menahan panas dengan cukup baik, sehingga manusia tidak akan langsung membeku. Namun, kehidupan akan jauh lebih sulit.

Jika Bumi tiba-tiba gelap apakah kita bisa melihat Bulan? Tentu tidak, karena Bulan tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Kita bisa melihat Bulan, karena Bulan sebenarnya memantulkan cahaya Matahari.

Saat sinar matahari yang menyinari Bulan menghilang. Hal yang sama berlaku untuk banyak benda langit lainnya di langit, seperti planet, yang kita lihat hanya karena pantulan cahaya Matahari.

Tanpa kehangatan Matahari, Bumi akan menjadi tempat yang jauh lebih dingin dari sekarang. Untungnya, Bumi menahan panas dengan cukup baik, sehingga manusia tidak akan langsung membeku. Namun, kehidupan akan jauh lebih sulit.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *