Hikmah Siang: Saat Kamu Merasa Sangat Sulit untuk Tersenyum


banner 678x960

banner 678x960

Untuk sekedar tersenyum saja, kita merasa hal itu begitu susahnya. “Bagaimana aku bisa tersenyum, ujian hidupku begini beratnya.” Merasa tidak ada alasan yang kuat untuk melakukannya.

Padahal, karunia Allah jika dihitung-hitung tidak pernah sanggup kita menghitungnya meski sampai lelah kita berusaha menghitung semua yang telah Allah berikan.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Padahal, jika ditimbang antara kenikmatan dan ujian hidup yang Allah berikan, kenikmatan dari-Nya jauh lebih berat saking banyaknya nikmat yang telah diberikan sepanjang umur hidup kita.

Kita terlalu fokus pada kesakitan dan peliknya hidup sehingga terlupa melihat dan tak teringat untuk mensyukuri karunia Allah.

Semua diperjelas dalam kalam-Nya

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah lah (datangnya).”
[QS. An Nahl : 53]

“Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah.)”
[QS. Ibrahim : 34]

Jika saat ini hidup terasa sangat melelahkan, ujian begitu beratnya dan nafas terasa sesak di dalam dada, coba pelan-pelan ingat-ingat kembali karunia yang telah Allah berikan selama ini.

Ketika dulu pernah merasa bahagia, senang dan lapang, semua itu dari Allah. Syukuri semua itu di saat ini. Bahwa ada masa dalam hidupmu, kamu merasakan kenikmatan, kelapangan dan kesenangan hidup.

Setelahnya, yakinlah. Insyaallah kamu bakal lebih optimis, ringan dan lega menatap kehidupanmu. Sebab, kamu yakin ujianmu cuma sementara. Sakitmu tidak mungkin selamanya. Deritamu pasti ada masa selesainya.

Ummi Santy Andriani Hafidzahallah

Muslimah MSR Official


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *