Viral, India Ratakan Masjid Abad 16 dengan Buldoser demi Pelebaran Jalan

India Ratakan Masjid Abad 16 dengan Buldoser
India Ratakan Masjid Abad 16 dengan Buldoser

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh di India telah meratakan sebuah masjid bersejarah abad ke-16 di Prayagraj dengan buldoser.

Menurut Dinas Pekerjaan Umum Prayagraj, tempat ibadah umat Islam bernama Masjid Shahi dibongkar pada 14 Januari untuk memperlebar jalan GT.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Video penghancuran gedung tersebut menjadi viral di media sosial, pengguna media sosial mengutuk tindakan pemerintah distrik setempat dan pemerintah negara bagian Uttar Pradesh.

Imam masjid, Md Babul Hussain, seperti dikutip Siasat Daily, Selasa (17/1/2023), mengatakan bahwa kasus bangunan tempat ibadah tersebut sudah diajukan di pengadilan rendah. Tapi bangunan malah dihancurkan sebelum kasus disidangkan di pengadilan.

Kasus tersebut dibawa ke pengadilan yang lebih rendah setelah Pengadilan Tinggi Allahabad menolak petisi untuk menunda proposal pembongkaran pada Agustus tahun lalu.

“Kami mengatakan kepada pejabat bahwa masalah ini akan dibawa ke pengadilan yang lebih rendah tetapi masjid itu tetap dibongkar,” kata Hussain.

Mantan ketua Kerjasama Air Internasional Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) Ashok Swain membagikan video penghancuran Masjid Shahi di akun Twitter resminya.

Menurut jurnalis dan aktivis anti-Islamofobia, CJ Werleman, rezim Hindutva menghancurkan masjid bersejarah itu dengan dalih pelebaran jalan.

Menurut Amandemen ke-42 Konstitusi India, India adalah negara sekuler. Namun, bagaimanapun, masjid bersejarah dibuldoser oleh pemerintah.

Menurut laman Muslim Spaces, Masjid Shahi dibangun oleh pemerintah Sher Shah Suri semasa berkuasa.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *