Dakwah fleksibel, Mahfud MD: Kunci bertahannya NU dalam Satu Sbad

Kunci bertahannya NU dalam Satu Sbad
Jalan sehat NU

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengungkapkan bahwa dakwah yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat menjadi kunci keberlangsungan Nahdlatul Ulama (NU) selama hampir 100 tahun.

Hal tersebut disampaikan pada Minggu (22/1/2023) di sela-sela Jalan Sehat Nahdlatul Ulama Abad 1 bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden PBNU Yahya Cholil Staquf di Surakarta, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“Selama puluhan tahun NU berhasil membangun keislaman dan ke-Indonesia-an secara harmonis,” kata Mahfud.

Seperti dilansir dari Antara, dia menegaskan, dakwah yang disampaikan Nahdliyin selalu mendekati budaya, sehingga dapat diterima di kehidupan masyarakat.

“Dakwah NU itu mendekatkan pada apa yang dihayati sebagai budaya masyarakat, kemudian diberikan ruh keislaman. Itu sebabnya NU semakin besar dan diterima dalam kehidupan masyarakat,” jelas Mahfud.

Menurut dia, NU membangun keislaman dan ke-Indonesia-an secara harmonis. Di sisi lain, organisasi tersebut juga memiliki tantangan yaitu munculnya gerakan anti-Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), misalnya gerakan ideologi transnasional baik liberalisme, kapitalisme, atau islamisme yang ingin dipaksakan ke Indonesia.

“NU sebagai salah satu pilar penting berdirinya NKRI. Oleh sebab itu, komitmen NKRI harga mati harus tetap tumbuh di NU dan tetap kuat,” tutur Mahfud.

Dinamis

Mahfud mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam terbesar, NU harus tetap mengemban semangat ke-Indonesia-an di mana Indonesia dianggap sebagai negara kosmopolit.

NU sebagai jamiyah itu dinamis, selalu bisa mengikuti perkembangan zaman bahkan perkembangan politik nasional dan ikut menjaganya,” kata dia.



banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *