Hati-hati WhatsApp Anda diretas, Berikut Ciri-cirinya

WhatsApp diretas
WhatsApp diretas

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.idWhatsApp juga menjadi sasaran para pelaku kejahatan siber yang diretas bahkan dibajak. Anda dapat melakukan ini menggunakan beberapa modus.
Metode penyadapan yang paling umum adalah menggunakan kata sandi satu kali (OTP) yang dikirimkan WhatsApp dalam pesan teks ketika pihak lain mengakses akun Anda di smartphone lain.

Berikut ini ciri-ciri akun Anda disadap oleh orang lain, dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/1/2023):

Bacaan Lainnya


banner 678x960

1. OTP

Salah satu ciri penyadapan adalah korban akan mendapatkan pesan berisi One Time Password (OTP) melalui SMS. Sebagai informasi, kode enam digit itu merupakan gerbang masuk untuk mengakses WhatsApp.

OTP akan diberikan saat ada yang mencoba masuk ke akun WA. Perlu diingat jika ada pesan berisi kode tersebut jangan memberikannya kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Ciri lainnya adalah keluar dari WhatsApp secara otomatis. Namun Anda bisa mengetahui jika ada perangkat lain yang mengakses akun, dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.

3. Pesan Telah Terbaca

Ini juga menjadi ciri berikutnya akun WhatsApp telah disadap. Yakni apabila ada pesan yang terbaca padahal Anda belum membacanya.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Sama seperti sebelumnya, jika Anda tidak pernah merasa mengirimkan pesan namun ada yang chat yang terkirim, ini bisa jadi pertanda akun WhatsApp dibajak. Segera tingkatkan kewaspadaan.

Cara Cegah WhatsApp Dibajak

Anda bisa melakukan langkah pencegahan akun WhatsApp dibajak. Yakni dengan mengaktifkan fitur two step verification di WhatsApp.

Cara ini membuat para pelaku kesulitan mengakses akun WA korbannya. Karena mereka tidak mengetahui PIN two step verification yang digunakan.

Berikut ini cara mengaktifkannya:

  • Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Settings.
  • Masuk ke pengaturan Account.
  • Pilih Two-step verification.
  • WhatsApp akan meminta mengaktifkan two step verification dengan PIN. Klik Enable untuk mengaktifkan fitur.
  • Buat PIN, masukkan enam digit sesuai dengan keinginan.
  • Berikutnya akan diminta memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk jika suatu saat ingin mengganti PIN.

banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *