Penyebab Mata Silinder, Gejala Dan Cara Yang Tepat Untuk Mengatasinya

Penyebab Mata Silinder
Penyebab Mata Silinder. Foto: unsplash

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Penyebab mata silinder atau astigmatisme adalah ketika cahaya tidak jatuh tepat di retina sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Mata silinder, atau astigmatisme, biasanya dipengaruhi oleh cacat lahir atau penyakit mata.

Astigmatisme adalah jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan kaburnya jarak dan terkadang penglihatan dekat, serta lebih sensitif terhadap silau pada malam hari. Ini terjadi pada kornea mata yang memiliki kelengkungan tidak rata.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Penyebab astigmatisme adalah kelengkungan kornea atau lensa mata yang tidak sempurna. Jika Anda melihat gejala mata silindris, segera temui dokter agar dapat ditangani dengan baik.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber pada Rabu (17/02/2021) tentang penyebab mata silinder.

Penyebab Mata Silinder

Penyebab mata silinder atau astigmatisme disebabkan oleh kelengkungan yang tidak sempurna pada kornea atau lensa mata. Hal ini menyebabkan cahaya yang masuk ke dalam mata diterima oleh retina di berbagai tempat, tidak fokus hanya di satu titik saja. Hal inilah yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Umumnya, kondisi ini merupakan bawaan sejak lahir. Namun, mata silinder juga dapat berkembang karena penyebab lain, seperti karena cedera mata, penyakit mata, atau setelah operasi mata.

Selain itu gangguan mata yang membuat kornea semakin menipis dan berbentuk menjadi lebih kerucut yang disebut juga dengan keratoconus juga bisa menjadi penyebab mata silinder, walaupun hal ini cukup jarang terjadi.

Penyebab mata silinder tidak dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari. Penyebab mata silinder atau astigmatisme adalah kesalahan bias yang disebabkan kornea atau lensa yang tidak melengkung dengan rata atau halus, muncul sejak lahir atau dapat muncul akibat cedera pada mata, penyakit, atau operasi.

Jadi penyebab mata silinder tidak ada kaitannya dengan berbagai kebiasaan buruk yang menjadi penyebab mata minus.

Gejala Mata Silinder

Setelah mengetahui penyebab mata silinder, kamu juga perlu mengenali gejalanya. Biasanya, orang dengan mata silinder ketika melihat suatu benda, bukan hanya pandangannya yang kabur dan menyebabkan pusing, tetapi juga berbayang dan bentuk objeknya jadi tidak jelas. Hal ini karena ada pembiasan balik terhadap cahaya oleh kornea.

Berikut beberapa gejala mata silinder:


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *