20 Daftar Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Pembuluh Darah

Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Pembuluh Darah
Kacang kenari

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.idPembuluh darah berperan penting dalam distribusi oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluruh tubuh. Namun, beberapa kondisi dapat menyebabkan plak menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menderita stroke dan penyakit jantung.

Untuk menghindari risiko tersebut, Anda harus menjalani gaya hidup sehat, seperti makan. Misalnya pola makan yang sehat, olahraga teratur dan tidak merokok. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 82 persen.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Berikut makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperbaiki pembuluh darah dan menjaga kesehatan jantung, menurut WebMD:

  1. Rempah-rempah

Sejumlah rempah-rempah diketahui bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah tersebut sebagai bumbu pada masakan, atau dibuat minuman herbal. Beberapa rempah-rempah itu yakni kapulaga, jahe, kunyit, kayu manis, dan ketumbar.

  1. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seratnya juga membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

  1. Susu rendah lemak

Secara umum, susu sapi mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk pilihan yang lebih sehat, belilah produk susu, yogurt, dan keju rendah lemak atau tanpa lemak sama sekali. Jenis susu rendah lemak menyediakan nutrisi sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan risiko stroke.

  1. Salmon

Salmon adalah makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi risiko gangguan detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Omega-3 juga dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. The American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.

  1. Tuna

Ikan tuna juga mengandung omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 daripada varietas tuna lainnya. Cobalah memanggang steak tuna dengan sedikit garam dan lemon.

Sumber omega-3 lain ini adalah ikan mackerel, herring, dan sarden.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung dan bermanfaat melindungi pembuluh darah Anda. Saat minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti minyak sawit), ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Kacang kenari

Mengonsumsi segenggam kecil kacang kenari sehari dapat menurunkan kolesterol Anda. Kenari juga dapat melindungi Anda dari peradangan di arteri jantung.

Kenari mengandung omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, sterol tumbuhan, dan serat.

  1. Kacang almond

Kacang almond mengandung sterol tumbuhan, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL.

  1. Edamame

Edamame atau kacang kedelai sering disajikan sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang.

Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Satu mangkok kecil edamame juga mengandung 8 gram serat yang menyehatkan jantung.

  1. Tahu

Mudah ditemukan di pasar, tahu mengandung protein kedelai yang bagus. Makanan ini juga mengandung mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *