Apakah Anies Baswedan Akan Seperti Adnan Menderes?

Anies Baswedan Akan Seperti Adnan Menderes
Anies Baswedan Akan Seperti Adnan Menderes

banner 678x960

banner 678x960

Oleh: Ust Fathuddin Ja’far

Hajinews.id – Nama aslinya Ali Adnan Ertekin Menderes. Ia seorang negarawan Turki dan Pemimpin pertama Turki yang dipilih secara demokratis dalam sejarah Turki.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Ia juga seorang kader Mustafa Kemal yang menghancurkan Khilafah Utsmaniyah. Ia bukan lahir dan besar di kalangan keluarga aktivis Muslim seperti pemimpin besar Islam Turki Necmettin /Najmuddin Erbakan (rahimahullah) dan Recep Thayib Erdogan, Presiden Turki sekarang.

Kendati demikian, ia seorang Muslim berakal sehat dan memiliki tekad kuat memperbaiki nasib Turki dan umat Islam yang porak poranda oleh Mustafa Kemal melalui politik penghancuran Islam dengan program sekularisasinya sejak tahun 1924.

Dengan menjatuhkan sistem khilafah dan menggantinya dengan sistem sekularis ala Eropa dengan tangan besinya, Mustafa Kemal adalah dalang utama kehancuran Turki dan dunia Islam lainnya dalam segala lini kehidupan. Akhirnya ia mati sangat mengenaskan dan menakutkan.

Berdasarkan keprihatinan mendalam, Adnan Menderes keluar dari Partai Rakyat Republik yang didirikan Mustafa Kemal (yang berhasil menghancurkan Turki dalam segala sektor kehidupan) dan mendirikan Partai Demokrat pada tahun 1946.

Pada Pemilu 1950, qadarullah, partai besutan Adnan Menderes memenangkan Pemilu sehingga ia menjabat sebagai Perdana Menteri Turki pertama secara demokratis.

Tak ayal lagi, pemerintahan Adnan Menderes digoyang terus oleh kelompok sekular, sejak sipil sampai militer.

Sejak Adnan Menderes memegang pucuk pemerintahan Turki 29 Mei1950, sampai 27 Mei 1960 tidak kurang empat kali Pemilu. Semuanya dimenangkan Partai Demokrat pimpinan Adnan Menderes.

Akhirnya kaum sekular militer kehilangan akal dan memutuskan mengkudeta Adnan Menderes tahun 1960 dan menjatuhkan hukuman gantung padanya tanggal 17 September 1961.

Alasan kelompok militer sekular yang saat itu masih menganut ideologi sekularisme ala Barat bahwa Adnan Menderes akan mengembalikan sistem Khilafah yang pernah tegak di atas bumi Turki dan negeri-negeri Islam lainnya lebih dari 5 abad.

Pertanyaan Mendasar
Ada pertanyaan mendasar terkait rahasia kemenangan gemilang Adnan Menderes di tengah masyarakat dan pemerintahan sekular Turki yang sudah berjalan sekitar 37 tahun dengan tangan besi itu?

Padahal semua institusi negara dan ormas sudah dikuasai menjadi sekular. Bahkan militer telah menjadi backbone sekularisme yang siap menghabisi setiap yang berseberangan pemikiran dengan mereka. Adnan Menderes adalah salah satu bukti korban keganasan kelompok sekular Turki, kendati ia pertama kali pemimpin Turki yang terpilih secara demokratis melalui mekanisme Pemilu.

Jika dianalisa apa rahasia kemenangan gemilang Adnan Menderes di tengah dominasi kaum sekular (sipil & militer) yang mendapat dukungan tak terbatas dari negara-negara Barat, sehingga ia dapat memimpin Turki dengan baik dan berhasil selama 10 tahun (1950-1955) sampai dikudeta 1960 dan dihukum gantung 1961.

Di antaranya :

1. Adnan Menderes terkenal cerdas dan menonjol dalam dunia pendidikan serta besar dalam keluarga berpendidikan, sehingga Mustafa Kemal saat bertemu pertama kali sangat tertarik padanya dan merekrutnya menjadi kader petinggi partainya yakni Partai Rakyat Republik.

2. Adnan Menderes sangat berani dan urat saraf takutnya sudah tidak ada. Hal itu disebabkan sangat kuatnya iman Beliau kepada Takdir Allah.

Ia menyadari betul suatu saat nyawanya akan terancam oleh kaum sekular. Sebab itu saat diputuskan hukuman gantung di pengadilan, ia menjawab dengan gagah perkasa : Silahkan gantung Adnan Menderes, nanti akan Allah lahirkan 1.000 Adnan Menderes lainnya. Begitu sahutnya penuh percaya dan bahagia.

3. Adnan Menderes memiliki keikhlasan dalam beramal dan berjuang. Amal dan perjuangannya ia tujukan hanya untuk Allah dan kebahagiaan akhiratnya (masuk Syurga), bukan pujian manusia, apalagi karena mencari kekayaan 7 keturunan. Sebab itu, ia bangga dihukum gantung karena alasan yang bukan kesalahannya seperti, korupsi, penyalahgunaan kekuasaan dan sebagainya.

4. Adnan Menderes mencintai agama, umat dan negerinya melebihi cinta pada diri, anak, istri dan keluarganya. Saat ada peluang lolos dari tiang gantung asal mau mengakui kesalahan-kesalahan yang diada-adakan rezim militer saat itu, ia tidak gunakan. Alasannya jelas, ia ingin buktikan pada agama, umat dan negerinya keberaniannya berkorban, kendati dengan nyawa sekalipun.

Akhirnya, nama Beliau sekarang sangat harum di tengah masyarakat Turki yang paham sejarah. Sampai nama airport kota terbesar ke 3 di Turki, Izmir diberi nama dengan Bandara Internasional Adnan Menderes.

5. Program dan janji yang diangkat Adnan Menderes saat kampanye pemilu sangat sederhana, tidak muluk-muluk seperti di negeri ini. Program dan janji kampanye ia realisasikan 100%. Ini menunjukkan Adnan Menderes memahami kebutuhan rakyatnya dan amanah dalam memikul tanggungjawab kepemimpinan.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *