Tempat Diturunkannya Nabi Adam ke Bumi Pertama Kali

Tempat Nabi Adam diturunkan
Tempat Nabi Adam diturunkan. Foto: bukit shafa/ist

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Allah SWT menurunkan Nabi Adam AS dan istrinya Hawa ke bumi setelah sebelumnya tinggal di surga. Menurut beberapa riwayat, keduanya diturunkan di lokasi yang berbeda.
Kisah turunnya Nabi Adam AS ke bumi konon terjadi setelah Nabi Adam AS dan Hawa tertipu oleh godaan setan untuk memakan buah-buahan yang diharamkan Allah SWT. Hal ini diriwayatkan oleh beberapa ulama Tafsir terkenal termasuk Imam Ibnu Katsir.

Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam Qashash al-Anbiyaa atas otoritas Abu Musa al-Ash’ar bahwa ketika Allah SWT menurunkan Nabi Adam AS dari langit ke bumi, Dia mengajarkan Adam AS bagaimana melakukan segala sesuatu. Termasuk membekalinya dengan buah-buahan dari surga.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Nabi Adam AS disebutkan dalam kitab Shahih Islam turun ke bumi pada hari Jumat.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu juga beliau dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula beliau dikeluarkan dari surga.” (HR Muslim)

Ada sejumlah perbedaan pendapat mengenai tempat diturunkannya Nabi Adam AS dan Hawa ke bumi. Menurut Ibnu Abi Hatim dari Abu Zur’ah, dari Utsman bin Abi Syaibah, dari Jarir, dari Atha, dari Said, dari Inu Abbas, Nabi Adam AS mendarat di suatu tempat yang disebuh Dahna. Tempat ini terletak di antara Kota Mekkah dan Thaif.

Sedangkan dalam riwayat yang berasal dari Hasan, dikatakan, “Nabi Adam AS mendarat di wilayah India, lalu Hawa di Jeddah, dan iblis di Dastimaisan, beberapa mil dari Kota Basrah, sedangkan ular di Asfahan.” Pendapat ini turut diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim.

Ada pendapat lain yang menyebut bahwa Nabi Adam AS diturunkan di India bersama Hajar Aswad dan segenggam daun dari surga. Daun tersebut disebarkan di India hingga tumbuh pepohonan yang harum aromanya di sana. Ini merupakan pendapat dari As-Suddi.

Selain itu, Imam Ibnu Katsir juga menukil suatu riwayat dari Ibnu Umar yang menyebut bahwa Nabi Adam AS mendarat di Bukit Shafa, sedangkan Hawa mendarat di Bukit Marwah. Atsar ini turut diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *