Kanker Paru-Paru: Ketahui Tentang Gejala, Tanda, Bahaya, Pemicu Dan Cara Pencegahannya

Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.idKanker paru-paru adalah kanker yang berkembang di paru-paru. Kanker merupakan penyebab utama kematian pada pria dan penyebab kematian kedua akibat kanker pada wanita.

Rumah Sakit Spesialis Paru (RS) Anugerah Ibu Khatulistiwa (ABK) Pontianak, dr. Andreas A. Surbakti, Sp.P. menjelaskan bahaya dan pemicu kanker paru-paru. Menurutnya, kanker paru-paru biasanya menyerang pria di atas 40 tahun dan perokok. Tapi jangan mengecualikan wanita dan non-perokok.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Gejala dan tanda Kanker Paru

Gejala dan tanda penyakit ini dapat ditandai dengan adanya gejala dan tanda seperti batuk lama, nyeri dada, sesak nafas, batuk darah, penurunan berat badan dan mudah lelah.

“Umumnya kanker paru terdiagnosis distadium akhir. Seringkali ditemukan ‘tanpa sengaja’ saat penderita memeriksakan diri untuk keluhan yang tidak spesifik dan tampak dari foto ronsen dada,” jelasnya pada Sabtu 3 Desember 2022.

Gejala lain ialah seperti perubahan suara yang secara tiba-tiba misalnya suara serak, menandakan adanya penyebaran ke pita suara.

“Skrining gejala awal pemeriksaan kanker paru ditujukan terutama pada mereka yg berpotensi terkena kanker paru (pria, usia >40th dan perokok). Skrining berupa CT scan dada dosis rendah (LDCT Scan),” imbuhnya.

Bahaya Kanker Paru

Walaupun penyakit ini tidak menyerang semua orang, namun tidak boleh diremehkan, kare bahaya kanker paru ini juga bisa berdampak fatal terutama saat terjadi penyebaran ke seluruh organ tubuh (metastase).

“Metastase bisa ke otak, liver, ginjal, atau kelenjar getah bening. Penyebaran ke kelenjar getah bening terutama di leher,” katanya.

Faktor Pemicu Kanker Paru

Faktor risiko yang dapat memicu kanker paru selain rokok adalah zat kimia yang terinhalasi dalam jangka waktu lama seperti pestisida, pupuk, zat kimia industri, uap air raksa, atau debu asbes.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *