Olahraga Apa Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes?

Olahraga Untuk Penderita Diabetes
Berenang. Foto: Unsplash

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Selain perlu menjaga pola makan dan membatasi konsumsi gula, penderita diabetes melitus (DM) juga perlu berolahraga.

Banyak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, merupakan salah satu cara menjaga gula darah pada penderita diabetes.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Menurut Dinkespekalongankota.go.id, penderita diabetes tipe 2 juga berisiko mengalami obesitas. Itulah mengapa olahraga sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lantas apa saja jenis olahraga yang tepat untuk penderita diabetes?

Olahraga cocok untuk penderita diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk sering berolahraga atau makan untuk menjaga kecukupan nutrisi.

Salah satu aktivitas fisik terbaik yang direkomendasikan adalah olahraga. Olahraga teratur dapat menurunkan kadar gula darah Anda.

Berikut beberapa olahraga yang baik untuk penderita diabetes seperti dilansir dari Dinas Kesehatan Pekalongan dan Heatlhline.

1. Hiking

Ketika Anda hiking atau melakukan jalan lintas alam, atau mendaki gunung, kalori tubuh Anda akan terbakar dengan cepat.

Hiking juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang sering menjadi pemicu penyakit jantung (seringkali dikaitkan sebagai komplikasi panjang dari diabetes). Penderita DM Tipe 2 sangat pas melakukan olahraga ini.

2. Berenang

Ketika Anda berenang, sekitar 350-420 kalori terbakar setiap jamnya. Berenang juga sangat baik bagi Anda yang sering mengalami mati rasa pada kaki, juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Olahraga ini cocok untuk penderita DM Tipe 1 dan 2.

3. Yoga

Yoga yang dilakukan secara teratur, dapat meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan fungsi endokrin dan neurologis organ, menjaga sirkulasi dan kekebalan tubuh, serta membuat tubuh lebih berenergi. Bagi penderita DM Tipe 2, sebaiknya mencoba berlatih yoga secara teratur.

4. Jalan kaki

Selain jalan lintas alam, jalan kaki keliling rumah, atau jalan kaki di tempat-tempat yang tidak jauh dari rumah Anda dapat menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan.

Catatannya adalah, Anda harus melakukannya secara konsisten dan teratur. Cobalah berjalan kali setiap hari, kurang lebih 30 menit, karena jalan kaki dapat membantu pendeita DM Tipe 1 dan 2 menurunkan tekanan darah, dan indeks massa tubuh.

5. Bersepeda

Bersepeda adalah pilihan tepat bagi Anda yang juga memiliki arthritis akibat diabetes neurophaty. Bersepedalah secara teratur, namun jangan memaksakan diri. Lakukanlah sesuai kemampuan dan dengan gembira.

6. Zumba

Menurut sebuah penelitian, perempuan yang dengan DM Tipe 2, lebih termotivasi untuk berolahraga setelah ikut dalam kelas Zumba selama 16 minggu.

Zumba juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, bagi mereka yang senang berolahraga sambil menari.

Mengenal Penyakit Diabetes dan Gejalanya


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar