Ini 6 Cara Turunkan Gula Darah Secara Alami

Cara Turunkan Gula Darah
Cara Turunkan Gula Darah

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Peningkatan gula darah dalam jangka pendek atau panjang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar gula normal, terutama bagi penderita diabetes. Bagaimana cara turunkan gula darah secara alami?

Orang dengan gula darah tinggi menghadapi berbagai masalah kesehatan. Gula darah normal harus antara 70-130 mg/dl sebelum makan dan di bawah 180 mg/dl setelah makan. Untuk mengontrol gula darah, berikut beberapa cara menurunkan gula darah secara alami.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Ada beberapa cara menurunkan gula darah secara alami yang harus Anda ketahui:

1. Mengurangi karbohidrat

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh diolah menjadi gula yang digunakan sebagai energi. Kelebihan gula akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan asupan protein, serat, serta vitamin dapat mengurangi kadar gula darah.

2. Mengontrol porsi makan

Mengurangi karbohidrat, serta menambah protein dan serat saja tidak cukup untuk menurunkan kadar gula darah. Porsi dalam sekali makan juga harus dikontrol dengan baik. Bagi penderita diabetes, porsi makan harus sesuai dengan anjuran dokter.

3. Minum cukup air putih

Cara menurunkan gula darah secara alami lainnya adalah minum air putih. Dikutip dari Medical News Today, minum air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu ginjal mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urin. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terhadap kenaikan gula dalam darah.

4. Hindari stres

Mengendalikan stres merupakan salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Stres bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh. Ketika stres, otak akan mengirimkan sinyal untuk memproduksi hormon glukagon dan kortisol. Produksi hormon akan menyebabkan gula darah melonjak tiba-tiba.

5. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel Anda lebih dapat menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah Anda. Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Jika Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan gula darah, sebaiknya periksa kadar gula darah secara rutin ke dokter. Hal ini akan membantu Anda mempelajari cara merespons berbagai aktivitas, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Beberapa olahraga yang baik untuk menurunkan gula darah, antara lain jalan cepat, bersepeda, hiking, dan berenang.

6. Perbanyak asupan serat

Memperbanyak asupan serat juga dapat membantu menurunkan gula darah secara alami. Serat bermanfaat untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat tidak larut dan serat larut. Meski demikian, serat larut adalah jenis yang telah terbukti dapat meningkatkan pengelolaan gula darah.

Selain itu, diet tinggi serat dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengurangi penurunan gula darah. Beberapa jenis makanan yang kaya akan serat, antara lain, sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, serta kacang-kacangan.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *