8 Buah Ini Bakal Bikin Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Rontok

Buah Ini Bakal Bikin Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Rontok
Buah Sirsak. Foto: istock

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Agar jaringan sendi dapat berfungsi maksimal di masa tua, penderita asam urat sangat disarankan untuk mengatur pola makannya.

Selain itu, pola makan penderita asam urat harus diatur untuk mencegah serangan sakit asam urat yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Dimulai dari jalur kesehatan sebagai penyebab asam urat adalah terbentuknya kristal urat di jaringan tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi di sekitar persendian dan menyebabkan radang sendi yang menyakitkan.

Dalam banyak kasus, penyebab pasti asam urat, juga dikenal sebagai asam urat atau hiperurisemia, tidak diketahui. Namun, dokter percaya bahwa asam urat kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi faktor keturunan, hormonal, dan makanan.

Oleh karena itu, pengaturan pola makan sangat diperlukan untuk mengendalikan asam urat. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memilih buah untuk pengobatan asam urat.

Menurut berbagai sumber, berikut adalah berbagai buah yang baik untuk penderita asam urat:

1. Sirsak

Melansir Buku Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat (2004) oleh dr. Prapti Utami dan Tim Lentera, setiap 100 gram buah sirsak mengandung protein 1 gram, lemak 0,3 gram, kabohidrat 16,3 gram, kalsium 14 mg, fosfor 27 mg, serat 2 gram, dan zat besi 0,6 mg.

Selain itu, sirsak juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada sirsak dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase yang bisa menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Tak hanya itu, sirsak dilaporkan dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati batu empedu, antisembelit, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Stroberi

Satu cangkir potongan stroberi (152 gram) bisa menyediakan 89 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian 99 persen. Kandungan vitamin C pada stroberi ini bisa dimanfaatkan juga sebagai antioksidan untuk menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Selain itu, stroberi juga mengandung asam pantotenat (vitamin B5) yang dapat membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya melalui urine. Baca juga: 14 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

3. Jeruk

Buah jeruk juga mengandung vitamin C dan vitamin B5 yang berguna untuk melawan penyakit asam urat. Kandungan vitamin C pada buah jeruk bahkan tergolong tinggi.

Satu buah jeruk berukuran sedang bisa menyediakan 70 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian mencapai 78 persen.

Kandungan vitamin C ini tentunya bisa bermanfaat untuk menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Sementara, kandungan B5 pada jeruk dapat digunakan membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya melalui urine.

4. Semangka

Melansir Buku Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat (2008) oleh Prof. Dr. Ir.Ali Khomsan, MS., dan Yuni Harlinawati, air yang banyak dikandung semangka dapat berfungsi meluruhkan asam urat berlebih di dalam tubuh.

Semangka yang memiliki sifat diuretik alami (meningkatkan aliran urine tanpa membuat ginjal bekerja keras) akan merontokkan asam urat tersebut dan memperbaiki kandungan darah.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *