Hikmah Malam: Beriman dengan Telaga Rasulullah ﷺ ​


banner 678x960

banner 678x960

Rasulullah ﷺ memiliki telaga pada hari kiamat yang akan didatangi oleh umatnya sebagaimana riwayat-riwayat shahih berikut.

⛲️ LUAS DAN KEADAAN TELAGA RASULULLAH

Bacaan Lainnya


banner 678x960

🎙 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

حَوْضِي مَسِيرَةُ شَهْرٍ مَاؤُهُ أَبْيَضُ مِنَ اللَّبَنِ، وَرِيحُهُ أَطْيَبُ مِنَ المِسْكِ، وَكِيزَانُهُ كَنُجُومِ السَّمَاءِ، مَنْ شَرِبَ مِنْهَا فَلاَ يَظْمَأُ أَبَدًا .

“(Ukuran) telagaku (sama dengan) perjalanan selama sebulan. Airnya lebih putih daripada susu, baunya lebih harum dari minyak misk dan cangkir-cangkirnya (sebanyak) bintang di langit. Barangsiapa yang minum dari telaga tersebut, dia tidak akan haus selamanya.”
(Shahih Bukhari (6579) dan Muslim (2292), dari hadist ‘Abdullah bin ‘Amr ).

📜 Dan di dalam hadits Abu Dzar secara marfil’:
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bejana-bejana yang ada di telaga Nabi jumlahnya lebih banyak dari bintang-bintang yang ada di langit. Dan bintang-bintangnya sangat bersinar pada waktu malam yang sangat gelap, itulah bejana-bejana Surga. Barangsiapa minum dari telaga tersebut, niscaya ia tidak akan dahaga (selamanya). Luasnya seperti panjangnya, yakni sejauh antara ‘Amman dan Eiliya (keduanya di negeri Syam). Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu.”
[Diriwayatkan oleh Muslim (hadits: 2300)].

⛔ BID’AH MENYEBABKAN TERUSIR DARI TELAGA RASULULLAH ﷺ

🎙 Dari Abu Wail, dari ‘Abdullah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ ، لَيُرْفَعَنَّ إِلَىَّ رِجَالٌ مِنْكُمْ حَتَّى إِذَا أَهْوَيْتُ لأُنَاوِلَهُمُ اخْتُلِجُوا دُونِى فَأَقُولُ أَىْ رَبِّ أَصْحَابِى . يَقُولُ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ .

“Aku akan mendahului kalian di al haudh (telaga). Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari al haudh, mereka dijauhkan dariku. Aku lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, ini adalah umatku.’ Lalu Allah berfirman, ‘Engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yang mereka buat sesudahmu.’ ”
(HR. Bukhari, no. 7049)
_____________


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *