Duh, Jokowi Bilang Tahun Depan Akan Jauh Lebih Sulit


banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kondisi ekonomi global akan lebih sulit pada tahun depan. Pasalnya, ekonomi global dipastikan menghadapi resesi.

“Tahun depan, 2023, akan jauh lebih sulit lagi untuk semua negara dan diperkirakan awal tahun depan sudah masuk pada resesi global,” imbuhnya dalam Rakornas Kementerian Investasi, Rabu (30/11).

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Jokowi menyebut saat ini dunia sudah mengalami situasi yang sulit karena lonjakan inflasi dan tren pertumbuhan ekonomi yang turun. Ditambah lagi, krisis energi, krisis pangan, yang diikuti dengan sulitnya mencari pupuk, serta krisis finansial.

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh jajaran pemerintah, termasuk kepala daerah, untuk berhati-hati dalam menghadapi situasi yang tidak biasa ini. Ia pun meminta agar seluruh pihak untuk bekerja keras.

“Kuncinya kita harus kerja lebih keras lagi, tidak bisa kita kerja normal dalam keadaan yang tidak normal,” katanya.

Jokowi menambahkan dalam situasi yang sulit ini, semua negara berlomba-lomba mendapatkan investasi demi mendapatkan arus modal masuk. Maka dari itu, ia meminta agar pemerintah pusat maupun daerah tidak mempersulit masuknya investasi ke Indonesia.

Ia menekankan jangan sampai kepercayaan investor yang sudah didapatkan Indonesia menjadi hilang karena salah dalam memperlakukan investasi yang masuk ke dalam negeri.

Jokowi menambahkan pemerintah selalu melihat negara-negara yang ramai mendapat investasi dan mempelajari kebijakan yang diterapkan negara tersebut. Namun, hal itu disebut sia-sia jika dalam implementasinya masih ada pihak yang mempersulit masuknya investasi ke Indonesia.

“Kalau nanti di dalam pelaksanaan masih ada yang ganggu-ganggu (investasi) ya sudah buyar semuanya yang namanya policy yang telah kita desain,” tandasnya.

Sumber: cnnindonesia


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *