12 Penyebab Jantung Bengkak, Bukan Hanya Karena Penyakit

Penyebab Jantung Bengkak
Penyebab Jantung Bengkak

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Kondisi penyakit jantung bengkak tidak bisa dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi yang bisa berujung pada kematian. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab pembengkakan jantung.

Dimulai dari Mayo Clinic, pembengkakan jantung, atau kardiomegali dalam istilah medis, sebenarnya bukanlah penyakit melainkan pertanda adanya masalah kesehatan.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Pembengkakan jantung adalah suatu kondisi di mana ukuran jantung meningkat lebih dari biasanya. Ini biasanya karena jantung harus memompa darah lebih keras dari biasanya, merusak otot jantung. Salah satunya mungkin karena seseorang melakukan olahraga berat dengan intensitas yang teratur. Artinya, pembengkakan jantung tidak selalu disebabkan oleh penyakit, melainkan juga oleh aktivitas dan keadaan sehari-hari.

Gejala Pembengkakan Jantung

Mengutip laman Siloam Hospitals, berikut beberapa gejala pembengkakan jantung.

  • Napas pendek, terutama ketika beraktivitas fisik atau berbaring datar
  • Sesak napas, terutama ketika berbaring
  • Berat badan bertambah
  • Mudah merasa lelah
  • Jantung berdebar
  • Irama jantung tidak teratur
  • Dada terasa nyeri
  • Tungkai kaki dan perut ikut membengkak

Penyebab Pembengkakan Jantung

Biasanya, jantung membesar karena organ ini merespons perubahan kondisi atau beban kerja jantung di dalam tubuh. Misalnya, jantung harus memompa darah lebih keras dari biasanya, sehingga otot jantung rusak dan ukurannya membengkak.

Beberapa masalah pembengkakan jantung juga terjadi karena munculnya tekanan di dalam tubuh dalam jangka pendek, misalnya pada masa kehamilan yang menimbulkan kelainan otot jantung atau kardiomiopati peripartum.

Kondisi ini biasanya terjadi sementara, meski jika tidak ditangani dengan cepat juga bisa menyebabkan kelainan jantung secara permanen hingga menyebabkan kematian. Namun, hal ini tidak sering terjadi.

Berdasarkan Mayo Clinic, berikut penyebab pembengkakan jantung.

  1. Cacat bawaan sejak lahir

Cacat bawaan sejak lahir dapat membuat struktur dan fungsi jantung tidak normal, termasuk ukurannya yang lebih bengkak dari biasanya.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung dapat menimbulkan kerusakan jaringan parut dan struktural pada jantung, sehingga organ ini kesulitan memompa darah dan menimbulkan ketegangan. Ketegangan ini bisa membuat jantung bengkak hingga gagal jantung.

  1. Penyakit kelainan otot jantung

Penyakit kelainan otot jantung atau dalam bahasa medis disebut kardiomiopati juga bisa menimbulkan pembengkakan jantung. Sebab, hal ini membuat jantung jadi kaku atau tebal, sehingga sulit memompa darah.

  1. Penumpukan cairan di jantung

Penumpukan cairan di jantung atau disebut efusi perikardial juga bisa menyebabkan jantung membengkak. Khususnya ketika penderitanya melakukan rontgen dada.

  1. Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung terjadi karena adanya kerusakan katup jantung, sehingga membuat aliran darah jadi terganggu dan membuat ruang jantung jadi lebih besar.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *