Gus Baha: Ini Cara Menghadapi Sakaratul Maut, Bakal husnul Khotimah Jika Menyebut Ini

Cara Menghadapi Sakaratul Maut
Gus Baha

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Berikut pernyataan KH Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha tentang menghadapi sakaratul maut.

Kematian merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat diprediksi atau dihindari oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Dalam agama Islam bahkan dianjurkan memimpin orang sebelum mati, karena sebelum mati hidup dan mati dipertaruhkan.

Gus Baha berbagi dalam salah satu kajiannya bahwa ada cara untuk lebih mudah menghadapi kematian yang tak terhindarkan.

Hal itu terlihat dalam video yang dikumpulkan pada 11 Februari 2021 di kanal YouTube resmi Islam Media. Gus Baha menjelaskan bagaimana hukuman mati dapat dengan mudah dijatuhkan sebagai berikut. Gus Baha pertama menjelaskan bahwa setiap kehidupan manusia, baik hidup maupun setelah mati, diatur oleh Allah SWT.

“Ketika kita hidup ya nggak bisa ngatur jantung kita, paru-paru kita, pasti samalah, kita mati juga nggak bisa ngatur, yang bisa ngatur hanyalah Allah SWT,” ungkap Gus Baha.

“Hidup kita dalam kendali Allah, mati kita dalam kendali Allah,” imbuhnya.

Gus Baha kemudian menjelaskan bahwa orang-orang sholeh ternyata bisa meninggal dengan nyaman justru dengan jarang berdoa.

Bukan tanpa alasan, Gus Baha pun juga menjelaskan alasan mengapa bisa seperti itu.

“Ya sudah kita mati ya nyaman saja. Saking nyamannya itu, orang-orang sholeh kalau mati itu jarang berdoa,” ungkap Gus Baha.

“Bukan karena apa-apa, kalau berdoa terus itu kan gini, mustajab nggak? Dikabulkan nggak? Itu menjadikan setan punya peluang masuk, diganggu,” sambungnya.

Lantas, Gus Baha menyebutkan salah satu ajaran Nabi yakni agar menuntun seseorang yang sakaratul maut agar bersaksi bukan berdoa, dengan cara menyebut nama Allah.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *