Penderitaan Kalian Adalah Penderitaan Kami, Ribuan Warga Gaza Sholat Ghaib untuk Korban Gempa Bumi Cianjur


banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Ribuan warga Palestina lakukan sholat ghaib untuk korban gempa bumi di Cianjur.

Sholat ghaib itu dilaksanakan setelah sholat dzuhur di Masjid Istiqlal Indonesia, Gaza Palestina.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Warga Gaza, Palestina ikut merasakan duka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Cianjur.

Video Momen sholat ghaib berjamaah ini diunggah oleh akun instagram resmi @kasihpalestina.

Dalam unggah video tersebut pada Jumat, 25 November 2022, tertulis tentang rasa kagum kepada warga Gaza, Palestina yang melakukan sholat ghaib dan turut merasakan kepedihan atas musibah gempa bumi yang menimpa Cianjur.

“Masya Allah. Tak surut rasa cinta saudara kita di Palestina untuk Indonesia. Sampai ribuan dan penuh masjidnya Salat Gaib untuk korban gempa di Cianjur, yang digelar di masjid kita, Masjid Istiqlal Indonesia,” tulis akun tersebut.

Indonesia dan Palestina memiliki kerjasama kota kembar yaitu antara ibukota Jakarta dan Al-Quds Al-Shareef yang ditandatangani 22 Oktober 2007 yang meliputi kerjasama antara lain di bidang pengendalian bencana dan krisis, pendidikan dan pelatihan, sosial dan budaya.

Selain dari kerjasama tersebut, Indonesia dan Palestina memiliki hubungan yang erat dikarenakan kesamaan agama dan dukungan sesama muslim dunia untuk kemerdekaan Palestina.

Menurut sejarah, Palestina adalah salah satu pendukung awal kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Melalui Liga Arab, Mufti Agung Yerusalem dan Pemimpin Tertinggi Dewan Palestina, Syekh Muhammad Amin al-Husaini berjasa meningkatkan pengakuan negara-negara Arab lainnya atas Indonesia.

Keharmonisan Indonesia dengan Palestina dilanjut melalui Hubungan Bilateral. Indonesia menyambut baik Deklarasi Kemerdekaan Palestina oleh Dewan Nasional Palestina di Aljir, Aljazair dan telah mengakui Negara Palestina pada 16 November 1988.

Menteri Luar Negeri Palestina menugaskan Kedutaan Besar Negara Palestina di Jakarta. Sementara, Indonesia menugaskan Kepala Misinya ke Republik Tunisia sebagai Duta Besar non-residen Palestina hingga 1 Juni 2004, ketika penugasan tersebut diserahkan ke Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Yordania di Amman. Selama kunjungan ke Yordania pada bulan Mei 2006.

Indonesia menegaskan kembali dukungannya untuk kemerdekaan Palestina termasuk dimulainya kembali perundingan damai, serta mengungkapkan keprihatinan atas kondisi Palestina termasuk dalam hal keuangan ditengah sanksi ekonomi yang diberlakukan Israel.

Itulah sebabnya warga Palestina dan Indonesia memilki ikatan yang erat selain terjalin dari hubungan bilateral kenegaraan, namun juga dari aspek psikologis yang merasa saling empati atas musibah yang terjadi baik itu yang terjadi di Indonesia maupun Palestina, warga Indonesia pun miliki empati yang tinggi untuk warga Palestina yang berada dibawah jajahan Zionis Israel.

Salah satu warga palestina menyampaikan duka cita atas musibah gempa bumi yang merenggut ratusan nyawa di Cianjur.

“Penderitaan kalian adalah penderitaan kami, rasa sakit kalian adalah rasa sakit kami dan saudara-saudara kalian yang menjadi korban juga merupakan saudara kami,” ucap pria tersebut.

“Kalian adalah saudara bahkan keluarga kami, sehingga sekecil apapun musibah yang menimpa kalian membuat kami turut merasakan penderitaannya,” sambung pria Palestina tersebut yang dikutip dari akun Instagram @visitcianjur pada Sabtu 26 November 2022.

 


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *