Bongkar Alasan Anies Banyak Disenangi Publik, Jusuf Kalla Bandingkan dengan Ahok: Pilih yang Pintar Bicara atau Pintar Marah?


banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id — Eks Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Jusuf Kalla membeberkan rahasia hubungannya tetap harmonis dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri meski pernah mengalahkan Ketua Umum PDIP itu di pemilihan presiden (pilpres) 2024 silam. Salah satu yang penting, menurut JK, adalah menjaga komunikasi politik.

Hal ini diungkapkannya kepada akademisi Rocky Gerung dalam tayangan podcast besutan kanal YouTube RGTV channel ID.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“Saya 2004 saya kalahkan dia. Saya menteri, saya mohon, permisi. Kenapa sampai sekarang saya tetap punya hubungan baik, Bu Mega juga baik dengan kita semua, padahal saya lawan dia di 2004,” ujar JK, dikutip Suara Manado pada Kamis (24/11/2022).

JK kemudian membandingkan nasibnya dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang disebut-sebut punya hubungan kurang baik dengan Megawati.

“SBY tidak disenangi karena tidak minta izin, saya minta izin dengan baik,” sambungnya. “Itu hanya cara saja sebenarnya, untuk berhubungan (baik).”

Pengalamannya ini yang membuat JK meyakini cara berkomunikasi sangat mempengaruhi dalam berpolitik. Bahkan JK menduga hal ini pula yang membuat calon presiden (capres) Partai NasDem, Anies Baswedan, bisa meraih banyak simpati publik.

“Kalau boleh mengatakan, kenapa Anies ini (disenangi publik) karena cara dia berbicara,” tutur JK.

Wapres yang pernah mendampingi SBY sekaligus Presiden Joko Widodo itu tak menampik kemampuan berbicara serta mencitrakan diri dengan baik sangat penting dalam dunia politik.

JK bahkan kemudian menyenggol sedikit sindiran eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang diduga pernah menyindir Anies sebagai sosok yang pandai berbicara.

“Walaupun dikatakan oleh Ahok, ‘Wah karena pintar bicara, pintar ngomong’. Ya (lebih) mana suka, yang pintar bicara atau pintar marah? Ahok kan marah,” pungkas JK.

JK Bakal Jadi King Maker Anies Baswedan

Jusuf Kalla sendiri diketahui punya kedekatan yang cukup baik dengan Anies Baswedan. JK disebut-sebut sebagai bapak asuh Anies yang banyak membimbing karier politik sang mantan Gubernur DKI Jakarta.

Akademisi Rocky Gerung kemudian mempertanyakan apakah JK juga akan menjadi king maker Anies di Pilpres 2024 atau tidak.

“Ada kecurigaan Jusuf Kalla akan jadi king maker buat Anies. Orang baca bahasa tubuh Pak JK, apakah Pak JK apa akan mengasuh Anies atau akan memanfaatkan suara Golkar?” kata Rocky, dikutip dari WartaEkonomi.co.id — jaringan Suara.com, Kamis (24/11/2022).

“Gampangannya Airlangga apa Anies? Karena Pak JK punya resources ekonomi dan politik yang besar,” sambungnya.

Disebutnya nama Airlangga Hartarto tentu karena JK yang punya afiliasi dekat dengan Partai Golkar. Lalu seperti apa respons JK?

Rupanya JK mengaku memiliki preferensi tersendiri terkait sosok capres yang akan didukungnya dua tahun mendatang. “Sebagai pribadi saya punya prinsip. Saya memiliki kriteria, saya punya objektivitas,” pungkasnya.

Sumber: wartaekonomi


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *