5 Negara Dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia, Asia Memiliki IQ Tertinggi!

5 Negara Dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia
5 Negara Dengan Penduduk Paling Cerdas di Dunia

banner 678x960

banner 678x960
Hajinews.id – Ketika berbicara tentang warga negara paling cerdas, kebanyakan orang langsung berpikir tentang negara maju seperti Eropa atau Amerika. Tidak mengherankan, negara-negara di kawasan ini sejauh ini banyak berinvestasi dalam sains. Namun tahukah Anda bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang Asia adalah orang yang paling cerdas?

Dalam hal ini, membentuk tingkat kecerdasan negara tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti literasi, pendidikan, prestasi dan lain-lain. Namun saat ini, cara termudah untuk menentukannya adalah berdasarkan IQ rata-rata penduduk.

Berdasarkan laporan World Population Survey, berikut daftar negara dengan penduduk terpintar di dunia. Temukan!

Bacaan Lainnya


banner 678x960

5. China

Ilustrasi Negara China

Negara raksasa ini berada di urutan kelima dengan tingkat IQ penduduk yang mencapai 104,1. Selain memiliki inteligensi tinggi, penduduknya juga memiliki minat baca tinggi, terbukti dengan penelitian OECD PISA 2018 yang menempatkan China di posisi teratas terkait literasi, matematika, dan sains. Kawasan dengan jumlah penduduk terbesar dunia ini dikenal maju dalam hal perdagangan dan industri.

4. Hong Kong

Ilustrasi Negara Hong Kong

Angka rata-rata inteligensi warga Hong Kong mencapai 105.37, yang mengantarkannya pada urutan keempat negara dengan penduduk paling pintar di dunia. Hal ini juga didukung oleh minat baca tinggi, di mana OECD PISA 2018 mencatat negara ini berada di urutan keempat untuk literasi, matematika, dan sains. Perekonomian negara ini berpijak pada perdagangan, dan didukung dengan kualitas SDM yang tinggi, ulet, serta pekerja keras.

3. Singapura

Ilustrasi Negara Singapura

Singapura menjadi satu-satunya kawasan Asia Tenggara yang masuk lima besar negara dengan penduduk paling pintar di dunia. World Population Review mencatat bahwa tingkat inteligensi warganya mencapai 105,89, sehingga masuk dalam urutan ketiga pada tahun 2019 dan 2022.

Uniknya, Singapura juga masuk urutan kedua negara dengan literasi tertinggi berdasarkan OECD PISA 2018, serta berada di peringkat 5 dalam Intelligence Capital Index (ICI) tahun 2017. Dilihat dari tingkat kemajuan, Singapura memang menunjukkan performa menakjubkan. Negara ini menjadi pusat perdagangan dunia dan dikenal menjadi negara yang sangat maju di bidang industri.

Fakta menarik tentang urutan ini adalah banyaknya negara Asia yang ternyata memiliki inteligensi tinggi, walaupun pamornya masih kalah dengan negara Barat. Selanjutnya, mari kita lanjutkan pembahasan pada urutan 1 dan 2.

2. Taiwan

Ilustrasi Negara Taiwan

Urutan kedua ternyata ditempati oleh Taiwan, dengan indeks inteligensia warganya yang mencapai 106,47. Walaupun mengalami penurunan indeks dibandingkan dengan daftar Ulster Institute pada tahun 2019 (saat itu juga urutan kedua), namun kawasan yang juga dikenal dengan nama Republik Tiongkok ini masih membuktikan bahwa tingkat kecerdasan warganya memang di atas rata-rata.

Taiwan sendiri termasuk dalam kategori negara maju yang mengandalkan perekonomian di bidang teknologi. Beberapa dekade lalu negara ini mengandalkan pada pertanian, kehutanan, perikanan, dan kerajinan tradisional, namun kini sudah beralih mengembangkan sektor ekonomi di bidang ekspor, bahan kimia, dan industri berat.

1. Jepang

Ilustrasi Negara Jepang

Berbagai penelitian mengungkap bahwa Jepang adalah negara terkini yang penduduknya dianggap paling pintar di dunia, dengan indeks kapital inteligensi mencapai 106,48. Negara ini pernah meraih titel yang sama pada tahun 2019 dalam penelitian Ulster Institute. Namun saat itu rata-rata IQ warganya sedikit lebih tinggi, yaitu 106,49.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *