Efek Dukungan Jokowi Pada Elektabilitas Pasangan Capres

Efek Dukungan Jokowi Pada Elektabilitas Pasangan Capres
Efek Dukungan Jokowi Pada Elektabilitas Pasangan Capres
banner 800x800 banner 678x960

Oleh: Denny JA

Hajinews.id – Efek dukungan Jokowi terhadap perubahan kualifikasi pasangan presiden ini memang tidak besar. Efek dukungan kurang dari dua persen.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Saat perlombaan kompetitif (keunggulan kurang dari 2%), dukungan Jokowi bisa mengubah pemenang. Jika persaingan marjinal besar (perbedaannya lebih dari 3 persen), mendukung Jokowi tidak mengubah pemenang.

Dengan pasangan Ganjar – AH mengungguli pasangan lainnya lebih dari 3% pada kasus hari ini, terlepas dari pasangan capres mana yang diusung Jokowi, pasangan Ganjar – Airlangga Hartarto tetap memiliki keunggulan. Ini adalah salah satu temuan kunci dari survei nasional LSI Denny JA baru-baru ini. Informasi dan analisis didasarkan pada survei nasional dan penelitian kualitatif dari 10.-19. Oktober 2022.

1.200 responden di 34 provinsi Indonesia ikut serta dalam survei nasional. Wawancara dilakukan secara tatap muka (face to face interview). Margin of error (MoE) penelitian ini adalah +/- 2,9%. Riset kualitatif dilakukan dengan analis media, focus group discussion (FGD) dan wawancara mendalam.

-000-

Bagian 1: Simulasi Dukungan (Endorsement) Jokowi terhadap Elektabilitas pasangan Capres

Simulasi dalam Pilpres 2024 menggunakan tiga pasang capres-cawapres. Yaitu Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono/AHY, Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto/AH, dan Prabowo Subianto – Puan Maharani).

Seandainya Jokowi mendukung Pasangan Ganjar – AH, dari tiga pasang capres – cawapres tadi manakah yang akan Ibu/Bapak Pilih?

Ganjar – AH di posisi teratas, paling unggul dengan elektabilitas sebesar 29.9%. Diposisi kedua ada Anies – AHY dengan elektabilitas sebesar 24.6%, dan posisi ketiga ada Prabowo – Puan dengan elektabilitas sebesar 22.1%. Yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab ada 23.4%.

Ganjar – AH paling unggul di bandingkan dengan pasangan capres lainnya. Ganjar – AH unggul 5.3% dibanding pasangan Anies – AHY. Ganjar – AH unggul 6.5% dibandingkan pasangan Prabowo – Puan.

Bagaimana Jika seandainya Jokowi mendukung Prabowo – Puan? Posisi pertama, masih Ganjar – AH dengan elektabilitas 28.4%, Posisi kedua, Anies – AHY dengan elektabilitas 24.6%, dan posisi ketiga Prabowo – Puan dengan elektabilitas 23.8%.

Dukungan Jokowi ke Prabowo – Puan, tidak mengubah elektabilitas Anies – AHY.

Dukungan Jokowi Ke Prabowo – Puan, menurunkan elektabilitas Ganjar – AH sebesar 1.5%.

Dukungan Jokowi ke Prabowo – Puan menaikan elektabilitas Prabowo – Puan sebesar 1.7%.

Seandainya dukungan (endorsement) Jokowi ke Anies – AHY, Ganjar – AH tetap paling unggul dengan elektabilitas sebesar 28.5%. Posisi kedua Anies – AHY dengan elektabilitas sebesar 26.3%, dan posisi ketiga Prabowo – Puan dengan elektabilitas sebesar 22.5%.

Dukungan (endorsement) Jokowi ke Anies – AHY, menaikan elektabilitas Anies – AHY sebesar 1.7%.

Dukungan Jokowi ke Anies- AHY juga menurunkan elektabilitas Ganjar – AH sebesar 1.4%.

Dukungan Jokowi ke Anies- AHY juga menaikkan elektabilitas Prabowo – Puan sebesar 0.4%.

Dukungan (endorsement) Jokowi kepada pasangan manapun, secara populasi menyeluruh efeknya hanya menambah atau mengurangi dukungan sebesar di bawah 2 persen.

-000-

Bagian 2: Di Segmen Mana Efek Dukungan Jokowi Terhadap Capres – Cawapres Mengubah Dukungan Ganjar – AH ?

Walau secara populasi umum, efek dukungan Jokowi terhadap elektabilitas pasangan capres kurang dari 2 persen, tapi di segmen pemilih tertentu, efek dukungan Jokowi lebih besar.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Ganjar – AH dalam segmen pendidikan paling besar di segmen tamat SD sederajat sebesar 2.4%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Ganjar – AH dalam segmen pendapatan paling besar di pendapatan dibawah 2 juta/bulan sebesar 3.1%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Ganjar – AH dalam segmen gender paling besar di segmen laki-laki sebesar 1.7%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Ganjar – AH dalam segmen agama paling besar di segmen agama Non-Islam sebesar 6.1%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Ganjar – AH dalam segmen teritori paling besar di segmen teritori Timur sebesar 3.9%. Teritori timur meliputi, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, NTB, NTT.

-000-

Bagian 3: Di Segmen Mana Efek Dukungan Jokowi Terhadap Capres – Cawapres Mengubah Dukungan Prabowo – Puan ?

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Prabowo – Puan dalam segmen pendidikan paling besar di segmen tamat SMP sederajat sebesar 2.9%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Prabowo – Puan dalam segmen pendapatan paling besar di pendapatan dibawah 2 juta/bulan sebesar 2.3%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Prabowo – Puan dalam segmen gender paling besar di segmen perempuan sebesar 1.7%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Prabowo – Puan dalam segmen agama paling besar di segmen agama Non-Islam sebesar 7.3%.

Efek dukungan (endorsement) Jokowi atas elektabilitas Prabowo – Puan dalam segmen teritori paling besar di segmen teritori Timur sebesar 3.3%. Teritori timur meliputi, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, NTB, NTT.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *