14 Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi, Semua Harus Dihindari!

Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi
Sayuran Frozen adalah Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id Hipertensi merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menunjukkan gejala, namun hanya sedikit yang tidak menunjukkan gejala.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Karena itu, seseorang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi harus waspada agar tidak mudah kambuh.

Salah satu cara meningkatkan vitalitas agar tak pernah kambuh adalah dengan menghindari makan makanan pantangan.

Makanan yang pantangan bagi penderita darah tinggi sebaiknya dihindari karena ketika dimakan, apalagi jika terlalu banyak, tekanan darah langsung naik. Berikut adalah beberapa makanan yang dilarang dan harus dihindari bagi penderita tekanan darah tinggi.

1. Makanan Tinggi Lemak dan Digoreng

Makanan yang digoreng dan makanan tinggi lemak tentunya menyebabkan peningkatan lemak dalam tubuh dan pembuluh darah.

Hal ini tentu menyebabkan lemak menyangkut dalam pembuluh darah dan menghambat aliran darah sehingga tekanan darah akan semakin tinggi.

Bila dibiarkan terus menerus, selain menyebabkan hipertensi juga bisa terjadi stroke dan serangan jantung. Contoh makanannya berupa gorengan dan daging berlemak.

2. Daging Olahan

Daging olahan bisa diolah dengan berbagai cara seperti pengasinan, fermentasi atau pengasapan. Tentunya proses ini menggunakan beberapa bahan dengan jumlah yang tinggi sebagai pengawet.

Hal ini karna saat pembuatan daging akan ditambahkan garam sehingga kandungan garamnya akan lebih tinggi.

Daging olahan atau daging kemasan merupakan makanan pantangan bagi penderita hipertensi karna kandungan lemak jenuh, gula dan natriumnya yang tinggi. Contohnya adalah sosis, daging untuk burger

3. Makanan Kalengan

Makanan kalengan tidak diperbolehkan karena dalam proses pengalengan seringkali sebagai bahan pengawet ditambahkanlah garam dalam makanan tersebut.

Tentunya ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka kandungan natrium dalam tubuh juga semakin tinggi sehingga menyebabkan hipertensi. Contoh sup kalengan, sarden, sayuran kaleng.

4. Sayuran Frozen

Sering ditemui di pusat perbelanjaan sayuran-sayuran yang di frozen atau diawetkan, hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi karena mengandung gula dan garam berlebih.

Suatu penelitian menyatakan bahwa kandungan natrium dalam sayuran frozen bisa mencapai 1800 mg natrium dan ini sudah melebihi asupan garam harian.

5. Salad Dressing

Salad dressing meskipun bisa dikatakan makanan sehat namun makanan ini mengandung garam, gula dan lemak jenuh yang tinggi sehingga jika berlebihan akan menyebabkan hipertensi.

6. Acar Sayur

Acar sangat tidak disarankan untuk hipertensi karena saat prosesnya akan dibiarkan dalam air garam yang membuat kandungan natriumnya akan terserap ke dalam sayuran.

Semakin lama sayuran direndam air garam, semakin banyak pula garam yang akan terserap, hal inilah yang menyebabkan ketika dikonsumsi tekanan darah bisa meningkat.

7. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis juga bisa mempengaruhi hipertensi dikarenakan bila berlebihan mengonsumsi manis akan ada resiko obesitas dan diabetes yang tentunya berpengaruh terhadap tekanan darah tinggi.

8. Minuman Kafein dan Beralkohol

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan tekanan darah karena kandungan kafein yang tinggi.

Alkohol dapat menstimulasi jantung untuk memompa darah lebih kuat dari biasanya , tidak hanya menyebabkan hipertensi, alkohol juga dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *