Sebuah Bekas Gereja di New York Diubah Menjadi Masjid Dan Sekolah Islam

Gereja di New York Diubah Menjadi Masjid Dan Sekolah Islam
Gereja di New York Diubah Menjadi Masjid Dan Sekolah Islam

banner 678x960

banner 678x960

Hajinews.id – Umat Islam membayar 3,9 miliar rupiah untuk membeli kompleks gereja Katolik penting di Buffalo, New York, AS, untuk dijadikan pusat kegiatan Islam berupa masjid bagi sekolah-sekolah Islam.

Pembelian termasuk bekas kompleks Gereja Katolik St. Ann on Broadway dan Emslie Street, termasuk gereja yang dibangun pada tahun 1886, serta sekolah dan bekas biara.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

The Buffalo News melaporkan Kamis (17 November 2022) bahwa gereja telah ditutup sejak 2012, ketika pejabat keuskupan melarang umat paroki menggunakannya, dengan alasan kerusakan struktural yang mengancam keselamatan.

Pembelinya adalah Buffalo Crescent Holdings, sebuah perusahaan nirlaba yang didirikan pada bulan April, menurut catatan negara. Perusahaan tersebut berafiliasi dengan Downtown Islamic Center, sebuah kelompok muslim yang mencari tempat ibadah dan rumah ibadah di Buffalo mulai awal tahun 2021.

Sebuah bekas pastoran di kompleks yang diubah menjadi apartemen pada 1993 juga dijual ke Buffalo Crescent Holdings dalam transaksi terpisah, menurut pernyataan keuskupan.

Grup ini siap menghabiskan jutaan dolar untuk menghidupkan kembali gedung-gedung di sudut Broadway dan Emslie Street, di East Side, tepat di pinggiran pusat kota.

“Kami berencana memasukkan beberapa juta dolar untuk ini tahun depan, di gereja saja,” kata Talha Bakth, Presiden Downtown Islamic Center.

“Butuh satu atau dua tahun sebelum ruang itu bisa digunakan untuk beribadah, “tambahnya.

Downtown Islamic Center berencana untuk membangun sebuah sekolah Islam dan perguruan tinggi untuk sebanyak 3.000 siswa, pusat perbelanjaan dan rumah duka Muslim, menurut situs web organisasi tersebut.

Tetapi Bakth mengatakan pada Kamis lalu bahwa rencana itu belum dipastikan dan organisasi juga memiliki proyek lain dalam pikiran.

Menara di gereja memiliki masalah struktural yang perlu ditangani, tetapi properti lainnya dalam kondisi layak, menurut Gary DeCarlo dari CRE Global, yang menjadi perantara kesepakatan atas nama pembeli.

“Properti lainnya adalah kondisi kosong yang rusak. Tidak ada bangunan yang dalam kondisi buruk. Faktanya, mereka semua dalam kondisi yang sangat bagus, jadi hanya banyak kosmetik, banyak perawatan tertunda yang harus dilakukan,” kata DeCarlo.

Pembelian ini merupakan indikasi lain dari pertumbuhan populasi Muslim yang stabil di New York Barat, sebagian besar karena masuknya imigran, terutama dari Bangladesh, negara mayoritas Muslim, dan pengungsi dari wilayah yang dilanda perang di dunia.

St Ann akan menjadi gereja Katolik ketiga di Buffalo yang akan diubah menjadi masjid untuk ibadah umat Islam.

Darul Uloom Al Madania pada tahun 1994 membeli bekas Bunda Suci Rosario Katedral Katolik Nasional Polandia di jalan Sycamore dan Sobieski.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *