Hafal Asmaul Husna Masuk Surga?

Hafal Asmaul Husna Masuk Surga
Hafal Asmaul Husna Masuk Surga
banner 800x800 banner 678x960

Oleh: Zahir Al Minangkabawi

Hajinews.id – Banyak orang berpikir bahwa jika mereka menghafal Asmaul Husna, mereka akan masuk surga begitu saja. Makanya lagunya gampang dinyanyikan, ujarnya. Padahal, makna Ihsya yang disebutkan dalam hadis tidak hanya sekedar hafalan.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi ﷺ beliau bersabda:

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Allah ‘azza wajalla mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barangsiapa meng-ihsha’ (menjaganya) maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari: 2736, Muslim: 2677)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan: Makna ihsha’ (menjaga) sembilan puluh sembilan nama ini yang konsekuensinya dapat memasukkan ke surga bukanlah hanya dengan engkau menuliskannya di kertas kemudian engkau ulang-ulang hingga hafal, akan tetapi maknanya adalah:

Pertama: menghafal lafazhnya

Kedua: memahami maknanya

Ketiga: beribadah kepada Allah ﷻ dengan konsekuensinya, dan hal itu dari dua sisi yaitu:

– Berdo’a kepada Allah ﷻ dengannya, berdasarkan firman-Nya:

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya.” (QS. Al-A’raf: 180)

– Bersedia melakukan apa-apa yang menjadi konsekuensi dari nama-nama ini. Misalnya Ar-Rahim yang konsekuensinya adalah rahmat maka lakukanlah amal shalih supaya dapat mendatangkan rahmat Allah. Konsekuensi dari Al-Ghafur adalah ampunan, jadi lakukanlah apa-apa yang menjadi sebab untuk pengampunan terhadap dosa-dosamu. Inilah makna ihsha’. (Al-Qaulul Mufid: 2/258-259)

Oleh sebab itu, Asmaul Husna tidak hanya untuk dihafal saja, apalagi sampai dilagukan serta diiringi musik, bertambah lagi kesalahannya. Asmaul husna itu hendaknya dihafal kemudian dipahami serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah makna ihsha’ yang bisa menjadi sebab kita masuk surga.

Semoga bermanfaat.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *