Ini Sholawat Jibril Pendek Berikut Artinya, Bacalah agar Doa Dikabulkan

Sholawat Jibril Pendek
Sholawat Jibril Pendek. Foto: unsplash
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Bacaan sholawat atas Nabi Muhammad SAW mengandung banyak keutamaan umat islam jika rutin dibaca tiap saat. Termasuk sholawat Jibril yang disebut sebagai bacaan sholawat pengantar sebelum membaca doa.

Anjuran membaca sholawat Nabi Muhammad SAW sendiri diterangkan langsung dalam Al-Qur’an. Salah satunya dalam surat Al Ahzab ayat 56,

Bacaan Lainnya


banner 678x960

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Menurut Ulama Syekh Ali Jaber, bacaan sholawat Jibril dapat dilafalkan seratus kali sebelum memanjatkan doa. Selain itu, bacaan sholawat Jibril juga dapat diiringi dengan sholawat Ibrahimiyah sebanyak sepuluh kali.

“Diawali dengan sepuluh kali sholawat Ibrahimiyah, selepas itu baca sholawat Jibril,” tuturnya, dikutip, Jumat (18/11/2022).

Meskipun demikian, Syekh Ali Jaber mengingatkan, sejatinya jumlah bacaan sholawat tidak dibatasi. Tetapi yang perlu diingat adalah jumlah bacaan sholawat yang kita lafalkan akan dikalikan dengan sepuluh kali rahmat dari Allah SWT.

Adapun bacaan sholawat Jibril dan artinya yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Bacaan Sholawat Jibril dalam Arab, Latin, dan Artinya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Bacaan latin: Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Apa Manfaat Sholawat Jibril?

Syekh Ali Jaber menjelaskan, bacaan sholawat Jibril dapat diaplikasikan muslim untuk pengantar doa. Sebab menurutnya, sholawat adalah salah satu kunci dikabulkannya hajat di sisi Allah SWT.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *