Jangan Sampai Terlewat! Ini 5 Persiapan Wajib Sebelum Berangkat Ibadah Umrah

Persiapan Wajib Sebelum Berangkat Ibadah Umrah
Persiapan Wajib Sebelum Berangkat Ibadah Umrah
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.idUmrah adalah kegiatan ibadah yang dilaksanakan Umat Muslim di tanah suci, Mekkah. Para Umat Muslim yang menjalani kegiatan umrah biasanya akan berada di tanah suci selama beberapa waktu. Segala persiapan dan perlengkapan pun dilakukan untuk menunjang kegiatan selama beribadah.

Ada berbagai rangkaian persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum menunaikan ibadah umrah. Namun, sebagian orang terkadang luput mempersiapkan beberapa hal yang penting. Nah, buat kalian yang memiliki rencana untuk pergi ke tanah suci, ini dia beberapa persiapan wajib sebelum berangkat umrah yang harus kalian perhatikan!

Bacaan Lainnya


banner 678x960

1. Lengkapi dokumen dengan baik

Ilustrasi paspor. /Imigrasi

Dokumen merupakan persiapan pertama yang paling dibutuhkan untuk berbagai hal. Siapkan segala bentuk dokumen yang diperlukan seperti data diri, dokumen kesehatan, paspor, dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan.

Jagalah dengan baik dokumen-dokumen tersebut untuk mempermudah proses validasi dan pemeriksaan. Sebaiknya simpan setiap dokumen yang akan dibawa di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

2. Jaga kesehatan fisik agar tetap bugar

Kegiatan selama ibadah umrah pada umumnya lumayan padat dan cukup menguras tenaga. Biasanya akan banyak aktivitas yang dilakukan dengan berjalan kaki. Selain itu, kamu juga harus beradaptasi dengan cuaca dan tempat-tempat yang ada di sana.

Oleh karena itu, sebelum berangkat umrah sebaiknya rutinlah berolahraga ringan untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa melakukan kegiatan simpel seperti berjalan cepat, lari-lari kecil, peregangan, maupun yoga. Hal ini sangat penting agar tubuhmu terbiasa dengan aktivitas fisik selama di sana.

3. Persiapkan pakaian yang akan dibawa

Persiapan berikutnya adalah mempersiapkan pakaian yang akan kamu bawa. Perkirakan jumlah pakaian yang akan kamu bawa sesuai dengan durasi waktu umrahmu.

Pilihlah pakaian yang nyaman dan memudahkan kamu beribadah. Usahakan memilih pakaian dengan bahan yang adem dan sejuk demi menyesuaikan dengan cuaca di tanah suci.

4. Membawa makanan instan sembari adaptasi dengan makanan lokal

Makanan adalah bahan pokok yang sangat penting diperhatikan. Beda negara, maka berbeda pula makanan khasnya. Adaptasi dengan makanan lokal terkadang tidak mudah bagi sebagian orang.

Untuk mengatasi hal tersebut, bawalah persiapan makanan sembari menyesuaikan lidah dengan makanan lokal yang disediakan. Kamu bisa menyiapkan makanan yang awet untuk dibawa seperti mie instan, abon, sambal instan, dan pilihan makanan lainnya sesuai dengan seleramu.

5. Membawa persiapan obat-obatan dan vitamin

Supaya kesehatanmu tetap prima selama menjalankan ibadah umrah, bawalah persiapan obat-obatan dan vitamin yang lengkap. Terlebih jika kamu yang memiliki penyakit atau alergi tertentu, maka poin ini sangat penting untuk kamu perhatikan.

Cuaca dan keadaan yang berbeda dengan negara asal mengharuskan tubuhmu untuk beradaptasi dengan cepat. Untuk itu, supaya tetap fit rutinlah mengonsumsi makanan sehat dan vitamin agar daya tahan tubuh kamu tetap bugar dan bisa menyelesaikan rangkaian ibadah umrah dengan baik.

Kelima persiapan wajib sebelum berangkat umrah di atas penting banget buat kamu perhatikan, lho. Jangan sampai terlewat, agar ibadah umrah kamu berjalan lancar dan nyaman.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *