Subhanallah! Ini Lima Konglomerat Indonesia yang Sukses Membangun Masjid

Lima Konglomerat Indonesia yang Sukses Membangun Masjid
Lima Konglomerat Indonesia yang Sukses Membangun Masjid
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Ada lima konglomerat Indonesia yang sukses membangun masjid, salah satu diantaranya adalah seorang mualaf. Selain fokus mengelola kerajaan bisnis, para konglomerat ini juga rajin beramal, termasuk membangun tempat ibadah bagi umat Muslim.

Para konglomerat ini berasal dari latar-belakang berbeda, salah satunya bahkan merupakan seorang mualaf. Mereka membangun masjid di sejumlah daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Menariknya, masjid-masjid yang dibangun dengan uang pribadi para konglomerat itu, memiliki ciri khas dan keunikan tertentu, bahkan berarsitektur megah.

Berikut lima konglomerat Indonesia yang sukses membangun masjid sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (24/10/20220):

1. Jusuf Hamka

Siapa yang kenal Jusuf Hamka. Pria berdarah Chinese yang menjadi seorang mualaf itu, bercita-citqa membangun 1.000 masjid.

Konglomerat yang dikenal sebagai pengusaha jalan tol ini menarik perhatian saat mendirikan masjid yang diberi nama Masjid Babah Alun yang terletak di Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Masjid itu berdiri di atas tanah sekitar 450 meter persegi, area masjid terdiri dari tiga bangunan. Menariknya, masjid itu didesain khas Tionghoa.

Saat ini Jusuf Hamka sudah memiliki banyak masjid dan akan membangun lagi hingga tercapai 1.000 masjid sesuai dengan cita-citanya.

2. Haji Isam

Nama Haji Isam mendadak jadi sorotan masyarakat di tengah kasus dugaan suap pajak. Namun siapa sangka, Pemilik PT Jhonlin Group itu adalah orang super kaya yang memiliki banyak bisnis di segala sektor antara lain kelapa sawit dan batubara.

Bahkan, dia membangun sebuah masjid megah di Kalimantan Selatan bernama Masjid Al-Falah, Batulicin. Masjid itu dibangun cantik dengan nuansa emas di tiap kubahnya dan berarsitektur Timur Tengah.

Meski demikian, beberapa ornamen khas Kalimantan Selatan juga tampak melekat di masjid tersebut. Masjid dua lantai ini berdiri di tanah seluas 1,6 hektare dan memiliki fasilitas yang cukup komplet.\

3. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie merupakan konglomerat yang memiliki gurita bisnis di segala sektor di bawah naungan Grup Bakrie. Bisnisnya mulai dari perusahaan media, properti, hiburan, teknologi, hingga tambang. Meski kaya raya, keluarga Aburizal Bakrie juga tak lupa membangun sebuah masjid untuk sarana ibadah.

Bangunan ibadah itu diberi nama Masjid Agung H. Achmad Bakri. Masjid ini di desain indah yang bernuansa islami. Masyarakat bisa mendatangi masjid ini di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.

4. Erick Thohir

Siapa yang tak kenal Erick Thohir. Beliau adalah Menteri BUMN yang eksis dikalangan anak muda. Sebelum menjadi menteri, Erick Thohir merupakan pengusaha kaya raya. Berdasarkan LHKPN dari KPK, harta kekayaan Erick Thohir mencapai Rp2,3 triliun.

Salah satu kekayaan Erick, yaitu Masjid yang ia bangun di Cimanggis Depok dengan luas lahan 9.000 meter persegi di mana 4.000 meter persegi adalah bangunan utama. Masjid yang tampak megah dan berfasilitas lengkap itu ia namai Masjid At Thohir.

Bedanya dengan tiga pengusaha di atas, Erick Thohir juga mempunyai masjid di Los Angeles, Amerika Serikat dengan nama yang serupa. Masjid di luar negeri merupakan bekas gereja berusia 1 abad dan jadi pusat kegiatan Muslim Community Center.

5. Chairul Tanjung

Warga Bandung mungkin sudah tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Masjid yang terletak di kawasan Trans Studio Bandung itu dibangun oleh pengusaha Chairul Tanjung, bos CT Corp.

Chairul Tanjung adalah konglomerat di Indonesia dengan kekayaan yang ditaksir mencapai Rp69 triliun. Masjid Agung Trans Studio Bandung berdiri pada 2015 silam. Desain interior masjid indah ini terinspirasi dari Masjid Al Nabawi di Madinah, Arab Saudi.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *