Dibanding Parpol Lain yang Deklarasikan Anies, CSIS Nilai Nasdem Miliki Pengaruh Kuat

banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – KEPALA Departemen Politik dan Perubahan Sosial Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menuturkan partai politik (parpol) NasDem punya nilai berbeda dibandingkan dengan parpol lainnya usai mendeklarasikan Anies Baswedan jadi calon presiden.

Arya menuturkan NasDem punya alasan strategis mendeklarasikan lebih awal Gubernur DKI Jakarta itu jadi Capres.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“Dengan mendukung (Anies) lebih dulu, NasDem punya nilai yang berbeda dibandingkan dengan parpol lain. Baik dari sisi image publiknya serta secara power,” ungkap Arya kepada Media Indonesia, Selasa (4/10).

Terkait sisi power, Arya menuturkan NasDem dipersepsikan punya kecepatan dalam hal menentukan capres sehingga nantinya NasDem akan memiliki pengaruh lebih kuat dalam koalisi.

“Secara power, NasDem bakal lebih berarti dibandingkan parpol-parpol belakangan (yang turut berkoalisi),” tuturnya.

Seperti diketahui, meski telah mendeklarasikan siapa calon presiden yang bakal diusung, NasDem tetap membutuhkan koalisi dengan parpol lain.

Maka dari itu, imbuh Arya, NasDem harus memposisikan diri setara dengan parpol lainnya. Hal itu perlu dilakukan agar negoisasi dengan parpol lain bisa berimbang.

“Apalagi beda-beda kursi DPR yang dimiliki NasDem maupun misalnya dengan PKS. Jadi, proses pembicaraan arah koalisi harus saling respek,” terangnya.

Dengan adanya deklarasi NasDem, Arya juga menuturkan proses koalisi parpol lain untuk menentukan siapa yang akan diusung pun akan mengerucut.

“Efeknya juga akan mendorong parpol lain untuk memberikan kepastian terkait dan cukup mempengaruhi parpol lain untuk segera menyiapkan skenario pencapresan,” tukasnya.(dbs).

 


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *