Ingin Jantung Tetap Sehat? Ini Rekomendasi Ideal untuk Pola Makan Anda

Ingin Jantung Tetap Sehat?
Jantung Sehat
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Faktor resiko akan penyakit jantung dapat dihindari melalui pola makan dan rutin berolahraga. Begitupun bagi pasien jantung, pola makan memegang peranan agar ritme kerja jantung berfungsi secarq normal tanpa adanya penyumbatan di pembuluh darah akibat pola makan yang salah. Rekomendasi Ideal Pola Makan

Pada momentum Hari Jantung SeDunia, 29 September lalu, Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan kembali mengingatkan akam pentingnya pola makan sehat, melalui skema diet yang tepat agar jantung sehat.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Karena makanan sehat untuk jantung tidak saja mengurangi faktor resiko penyakit jantung. Termasuk terhindar dari resiko peradangan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida.

Melalui edukasi sehat bertajuk : Rekomendasi Diet Untuk Jantung Sehat* , Jumat (30/09/2022), Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, dr Triadi Milano Sp.JP(K). , mengatakan, bahwa pasien Kardiovascular selain rutinitas menkonsumsi obat, harus didukung pula makanan sehat dan rutin berolahraga.

Secara harfiah, setelah proses panjang , dari makanan yang dikonsumsi, terlebih lagi jika makanan mengandung pestisida atau melalui proses pemanasan tinggi , Akumulasi radikal bebas memiliki konsekuensi yang buruk pada kesehatan , molekul2 yang tidak stabil dalam tubuh mengganggu struktur dan fungsi sel, contohnya di pembuluh darah terjadi penumpukan lemak di lapisan pembuluh darah.

“Ini berbahaya, karena dari ketidaktahuan atau minimnya informasi, termasuk pada pola makan yang berlebihan akan beresiko mengidap penyakit jantung”, kata Dokter Triadi, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Siloam Hospitals Dhirga Surya ini mengingatkan.

Peran Sayuran dan Buah Segar Mengacu pada Data penelitian, Konsumsi sayuran dan buah buahan segar atau tinggi serat adalah yang terbaik bahkan sebaiknya menkonsumsi sampai 2 kali dalam sehari. Ikan yang tinggi omega 3, juga dapat dilakukan 4-5 kali dalam seminggu.

Adapun untuk daging putih ( telur, ayam) sesungguhnya dibatasi 3 kali dalam seminggu serta daging merah yamg hanya maksimal cukup 2 kali dalam seminggu. Karbohidrat tinggi gula ( biskuit, mentega) sebaiknya dibatasi satu kali saja dalam seminggu.

“Dan yang justru saya beri rekomendasi adalah konsumsi kacang kacangan yang, dengan mengkesampingkan resiko bagi penderita asam urat, dapat dikonsumsi sampai 400 gram/ hari”, tutur Triadi Milano.

“Agar lebih mudah dipahami, makanan sehat yang berguna bagi kesehatan jantung antara lain : Beras merah, Sayuran hijau, Ikan , Buah seperti Alpukat , Apel, Pepaya, Pisang , jeruk dan lainnya dan bisa di tambah konsumsi minyak zaitun”, tutur Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, dr Triadi Milano Sp.JP (K).

Menutup sesi edukasi singkatnya , disampaikan pula bahwa Kadar kolesterol dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, pun akan poa gaya hidup yang sehat dengan rutin berolahraga. Prinsip sama juga berlaku untuk para pasien Kardiovascular, yang tentunya dilengkapi konsumsi obat teratur.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *