NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Partai Demokrat Beri Respons

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
banner 800x800 banner 678x960

JAKARTA, Hajinews.id — Partai NasDem telah resmi mengusung Anies Baswedan untuk jadi calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Pengusungan Anies di NasDem itu nampaknya akan langsung direspons oleh Partai Demokrat.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) rencananya bakal mengagendakan pertemuan dengan awak media, Senin (3/10/2022) siang ini di DPP Partai Demokrat, Menteng Jakarta Pusat.

“Iya (mengagendakan pertemuan di DPP Demokrat, red), benar (soal pengusungan Anies),” kata Juru Bicara sekaligus Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat dikonfirmasi, Senin (3/10/2022).

Kendati begitu, Herzaky belum menjelaskan secara detail menyatakan pukul berapa dan apa saja yang akan dibahas dalam agenda tersebut.

“Justru kita maunya teman-teman fokus dulu dengan konpers pukul 09.00 WIB (agenda pengusungan Anies oleh NasDem) ini. Setelahnya, silahkan main ke Proklamasi (kantor DPP Demokrat),” ucap Herzaky.

Diketahui, kedua partai tersebut memang digadang akan menjalin koalisi pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan dalam update terakhir, kemesraan Demokrat dengan NasDem ditaksir sudah mencapai 80 persen untuk mendeklarasikan sebagai pasangan koalisi yang mungkin juga akan turut Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Harapan kita tentu 80 persen ini bisa kita tuntaskan gitu. Tapi komunikasi tentu kita jalan dengan semua, karena bagaimana pun kita koalisi dengan siapapun kita harus komunikasi dengan parpol lain,” kata Herzaky saat ditemui di DPP Demokrat, Kamis (29/9/2022) lalu.

Hanya saja, para pimpinan partai politik tersebut belum memberikan kabar pasti kapan koalisi itu akan dideklarasikan.

Kata Herzaky, pengumuman deklarasi itu baru akan dilakukan jika sudah ada kesepakatan di antara partai politik tersebut.

“Tentu pembicaraan ada di dalam (internal para pimpinan partai, red), ada kesepahaman-kesepahaman kita ingin deklarasi, untuk masalah tanggal waktu memang jadi salah satu opsi, tentu setelah kesepakatan bisa kita selesaikan dulu,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara resmi mengumumkan Gubernur DKI Jakarta sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2024.

Paloh mengatakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu merupakan terbaik dari yang terbaik.

“Inilah mengapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan. Kami mempunyai keyakinan-keyakinan, pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro, sejalan dengan apa yg kami yakini,” kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/9/2022).

Paloh meyakini Indonesia menjadi negara yang bermartabat jika Anies terpilih menjadi Presiden RI.

“Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke depan bangsa ke depan, insya Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih jadi presiden nanti, pimpinlah bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter daripada bangsa ini sejatinya,” ujarnya.

Paloh mengungkapkan pembangunan bangsa Indonesia tidak hanya dilakukan melalui aspek fisik semata melainkan pembangunan karakter.

“Itu diperlukan dan akan kita perlukan yang tidak kalah lagi diperlukan adalah nation and character building membangun karakter bangsa,” ungkapnya.

Sumber: Tribunnews


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *