NasDem Kasih Otoritas Penuh ke Anies Pilih Cawapres Pendamping

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara deklarasi capres 2024 di NasDem Tower Senin 3 Oktober 2022. Sumber: Youtube Nasdem TV
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id — Ketua Umum NasDem Surya Paloh menegaskan partainya memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan selaku calon presiden (capres) 2024 untuk menentukan sendiri calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Ia beralasan dengan memberikan otoritas tersebut supaya nantinya menjaga soliditas jika terpilih dan membentuk kabinet.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“NasDem ya kasih otoritas ke Bung Anies. Bagaimana tiba-tiba pilih cawapres yang tidak cocok. Itu namanya belum apa-apa cari penyakit,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Senin (3/9/2022), dilansir Tempo.co.

“Politik apa yang mau kita kerjakan? Mau mendapatkan zaken kabinet yang kuat, soliditas, kekompakan, harmoni. Itu syarat utama yang gak bisa ditawar,” kata Paloh.

“Jadi ketika kita yakin memilih calon presiden kita kita harus yakin juga beri kesempatan dia ‘eh pilih wakil yang paling bagus untuk kamu, untuk bangsa ini’. Ini pikiran NasDem,” imbuhnya.

Anies juga diprediksi akan didukung calon mitra koalisi NasDem seperti Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief, menyebut pasangan Anies masih digodok bersama calon mitra koalisi.

“Pasangan Anies lagi dibahas di koalisi. Ya kita tunggu saja nanti hasil dari koalisi itu karena yang diumumkan NasDem untuk Capres masih internal Partai NasDem. Mudah-mudahan semua akan berakhir dengan baik,” kata Andi kepada TempoSenin (3/9/2022).

Demokrat unggulkan AHY sebagai cawapres

Andi mengaku menyambut baik deklarasi Capres oleh NasDem. Kendati begitu, Andi mengatakan partainya masih harus mendengar alasan dari NasDem yang mempercepat pengumuman Capres. Mulanya, agenda deklarasi Capres digelar pada 10 November 2022.

Ia menyebut kemungkinan adanya alasan-alasan lain yang belum dijelaskan NasDem kala memutuskan untuk memajukan jadwal deklarasinya. “Atau ada alasan-alasan lain yang belum dijelaskan, kemungkinan kita harus mendengar alasan dari NasDem untuk mempercepat pengumuman itu,” ujarnya.

Menurut Andi, deklarasi Capres Partai NasDem merupakan bentuk tanggung jawab terhadap konstituen. Ke depannya, kata dia, Partai Demokrat berharap pembicaraan finalisasi koalisi berjalan baik dan lancar.

“Partai Demokrat tentu berharap ke depan masih tetap koalisi. Maksudnya, pembicaraan finalisasi koalisi masih harus dibicarakan,” ujarnya.

Adapun Partai Demokrat masih menunggu keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP) untuk mengumumkan capres dan koalisi. “Sikap kita menunggu juga keputusan dari MTP. Ada beberapa pilihan tentunya yang menyangkut kedaulatan partai kami dan menyangkut upaya koalisi yang sudah dibangun,” kata Andi.

Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, digadang-gadang menjadi cawapres yang diajukan Demokrat kepada calon mitra koalisi. Partai Demokrat menyebut sejauh ini aspirasi internal mendukung AHY untuk maju dalam Pilpres 2024. Kendati demikian, usulan ini masih harus menunggu kesepakatan bersama koalisi.

NasDem hari ini telah resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024. Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” tegas Paloh, dilansir detikcom.

NasDem tidak bisa sendirian mengusung Anies sebagai calon presiden di Pemilu 2024 karena terbentur syarat presidential treshold (ambang batas pencalonan presiden).(dbs)

 


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *