Hikmah Pagi: Sudahkan Berterimakasih Pada Orang Terdekat Anda?

banner 800x800 banner 678x960

Alhamdulillah saat ini kita sudah mulai terbiasa dengan ucapan terimakasih dalam bentuk doa, yaitu dengan mengucapkan

جَزَا كُمُ الله خَيْرًا

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Jazakumullah adalah sebuah ucapan pengganti kata terima kasih. Jazakumullah juga sering diucapkan dengan “jazakumullah khairan”. Arti dari lafal ini adalah “semoga Allah SWT membalas kalian dengan kebaikan”.

Jika dilihat makna terpisah nya, jazakumullah memiliki arti “semoga Allah SWT membalas kamu”. Sedangkan khairan memiliki arti “kebaikan”. Lafal ini adalah bentuk jamak. Artinya lafal ini akan digunakan untuk menyebutkan banyak orang yang tidak menentu antara laki-laki ataupun perempuan.

Kepada teman, kerabat, bahkan dalam menggunakan media sosial pun ungkapan terimakasih dengan begitu banyak kemuliaan dan doa ini bertebaran.

Namun, terkadang kita lupa menebarkan doa ini di rumah sendiri. Marilah kita bertanya pada diri sendiri, apakah sudah sering kita membalas kebaikan pada suami, istri, anak-anak, orang tua dan saudara dengan ucapan جَزَا كُمُ الله خَيْرًا

Adakalanya rumah kita sendiri malah sepi dengan ucapan terimakasih, yuk! mulai sekarang kita biasakan balas kebaikan mulai dari orang terdekat kita, kita doakan mereka dengan kebaikan yang melebihi kebaikan yang telah mereka berikan kepada kita.

Untuk kemudian kita tebarkan ucapan terimakasih dalam bentuk doa ini di kalangan muslim lainnya. Alangkah indahnya pergaulan dalam Islam, ketika rasa terimakasih kita terwujud dalam doa yang penuh dengan harapan akan kebaikan.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *