Astagfirullah! Rusak Parah, Gedung Asrama Haji Lamongan Ambruk

Gedung Asrama Haji Lamongan Ambruk
Gedung Asrama Haji Lamongan Ambruk
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Gedung Asrama Haji, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lamongan, yang berada di Jalan Sumargo Nomor 24 Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan ambruk, Minggu (2/10/2022).

Ketua IPHI Kabupaten Lamongan, KH. Abdul Rouf mengungkapkan bahwa ambruknya gedung asrama haji tersebut terjadi sekitar pukul 12.06 WIB, hari ini. Menurutnya, Gedung tersebut memang telah lama tidak mengalami renovasi.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Gedung Asrama Haji Lamongan yang ambruk ini dulunya diresmikan pada tanggal 14 Juli 1999 silam. Bangunan tersebut memang sudah lama tidak mengalami renovasi,” ujar Kiai Rouf, yang juga Wakil Bupati Lamongan tersebut saat dihubungi, Minggu (2/10/2022).

Lebih rinci mengenai ambruknya gedung ini, Wabup Rouf menuturkan, hal ini karena adanya kerusakan pada bagian rangka atap yang kemudian patah. Selain itu, dinding sebelah timur gedung mengalami keretakan dan kondisinya yang miring menyebabkan genteng bangunan berjatuhan.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk kerugian materiil belum bisa dipastikan. Nantinya akan kita usulkan agar bisa segera diperbaiki dan dibangun gedung baru yang lebih baik dan bagus,” tambahnya.

Wabup Rouf juga menjelaskan, sebenarnya bangunan gedung itu telah mengalami beberapa kali perbaikan pada saat kepemimpinan IPHI Lamongan diketuai oleh KH. Abdus Salam. Namun seiring berjalannya waktu, kerusakan yang terjadi semakin parah.

“Sempat dilakukan perbaikan 2 kali saat masa Ketua IPHI Lamongan dijabat KH. Abdus Salam, anggarannya bersumber dari dana hibah. Lalu sejak saya menjabat sebagai Ketua IPHI Lamongan ini, belum ada perbaikan karena kerusakan semakin parah,” bebernya.

Atas kejadian ini, Wabup Rouf mengaku, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, agar gedung asrama haji ini segera diperbaiki dan mendapat aliran dana dari APBD Lamongan.

“Selama pandemi, gedung ini tak terpakai. Terakhir digunakan saat ada pekan olahraga Jawa Timur di Lamongan. Kondisinya memang sudah parah. Saya tadi sudah kordinasi dengan Pak Bupati, katanya beliau siap membantu untuk dilakukan perbaikan,” tutupnya. [jatim]


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *