Ketum PP Muhammadiyah Siap Diganti, Wacana Haedar Nashir Dua Periode Mengemuka

banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Jabatan ketua umum (ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan segera berakhir pada 2022 ini. Sejumlah nama pun muncul untuk menggantikan Haedar Nashir memimpin PP Muhammadiyah selama lima tahun kedepan.

Meski di tingkat pusat sudah muncul 96 calon Ketum, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY sendiri masih mendukung Haedar Nashir untuk kembali maju menjadi Ketum PP Muhammadiyah periode 2022-2027.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Apalagi Haedar baru satu kali memimpin PP Muhamadiyah. Organisasi tersebut masih memberikan kesempatan padanya untuk kembali menjadi ketum bila terpilih.

“Kemungkinan [dipilih] bisa saja terjadi karena pak haedar baru satu periode memimpin muhammadiyah, kan batas [menjadi ketum] dua kali,” ujar Ketua PWM DIY, Gita Danu Pranata disela persiapan Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) 2022 di Yogyakarta, Jumat (30/09/2022).

Menurut Gita, dalam MJE yang digelar 6-9 Oktober 2022 di UAD mendatang, nama-nama calon ketum PP Muhammadiyah yang dipilih PWM dimungkinkan akan dimunculkan. Dengan demikian warga Muhammadiyah bisa melihat siapa saja yang akan maju dalam penjaringan ketum baru.

Di tingkat pusat, 96 nama yang masuk dalam daftar anggota PP Muhammadiyah periode 2022-2027 muncul dari penjaringan sekitar 200 nama. Dari jumlah tersebut, nantinya akan dipilih 13 nama yang akan duduk sebagai anggota PP Muhammadiyah.

Satu dari 13 nama tersebut akan menduduki posisi ketua umum. Pemilihan tersebut akan dilaksanakan dalam Muktamar Ke-48 Muhammadiyah, di Surakarta, Jawa Tengah pada 18-20 November mendatang.

Sementara Ketua panitia MJE 2022, Taufik Ridwan menjelaskan dalam rangkaian menuju Muktamar Muhammadiyah, PWM menggelar MJE. Kegiatan ini juga menjadi sarana syiar Muhammadiyah.

“Kegiatan kali ini merupakan event kedua setelah penyelenggaraannya pada tahun 2018 yang lalu,” jelasnya.

MJE, lanjut Ridwan juga sebagai wujud kepedulian pada UMKM. Lebih dari 170 peserta akan ikut dalam MJE, mulai dari Pimpinan Cabang dan Ranting se DIY, juga diikuti oleh UMKM kuliner halal, busana muslim, herbal, buku dan Alqu’an hingga multiproduk kebutuhan muslim lainnya.

“Event ini dibuka untuk masyarakat umum, harapannya semoga bermanfaat dan mampu menjadi sarana hiburan edukatif dan menjadi sarana bangkit UMKM khususnya di wilayah DIY,” imbuhnya. (dbs).


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *