Ini Manfaat Makan Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Bawang putih rupanya tak hanya bisa dinikmati dengan cara dimasak, namun juga secara mentah. Bahkan, ada banyak manfaat makan bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, bawang putih merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan allicin, senyawa yang mengandung belerang. Allicin memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Mengolah bawang putih dengan cara memasaknya, entah ditumis, panggang, maupun rebus membuat kandungan allicinnya berkurang.

Sebaliknya, memakan bawang putih secara mentah dapat membuat kandungan allicinnya terjaga, sehingga memberi manfaat lebih banyak ke tubuh.

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Lantas, apa manfaat makan bawang putih mentah? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menyatakan kandungan allicin dan antioksidan dalam bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat makan bawang putih mentah lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Penelitian lain menunjukkan manfaat konsumsi bawang putih dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan manajemen gula darah.

Hal ini membuat kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil. Manfaat ini baik untuk penderita diabetes tipe dua.

4. Melindungi kesehatan otak

Beberapa penelitian terhadap hewan menyatakan manfaat makan bawang putih mentah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak.

Namun, penelitian manfaat ini terhadap manusia masih terbatas.

Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah

Bawang putih memang punya segudang manfaat, namun hal ini tak menutup efek samping makan bawang putih mentah.

Salah satunya yaitu rasa bawang putih mentah cukup pedas di mulut daripada bawang putih matang di dalam masakan. Begitu juga dengan wanginya, lebih kuat.

Efek samping lainnya adalah memunculkan rasa mulas dan risiko iritasi saluran pencernaan seperti sensasi terbakar di dada dan perut bagi penderita asam lambung naik kronis atau dikenal juga dengan gastroesophageal reflux (GERD).

Selain itu, bawang putih juga bisa meningkatkan risiko pendarahan dengan mencegah pembentukan bekuan darah.

Untuk itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bawang putih mentah, khususnya dalam jumlah banyak.

Dosis Makan Bawang Putih Mentah

Dosis makan bawang putih mentah sebaiknya hanya berkisar 1-2 siung per hari. Sementara dalam bentuk suplemen, konsumsi ekstrak bawang putih yang aman berkisar 3.600 miligram (mg).

Cara Makan Bawang Putih Mentah

Cara makan bawang putih mentah bisa dengan mengirisnya secara tipis maupun langsung mengunyahnya meski masih dalam bentuk siung utuh.

Sementara cara makan bawang putih mentah agar tidak pedas bisa Anda gabung dengan makanan lain, misal daging sapi atau selada.

Ini membuat rasa bawang putih mentah agak samar sehingga tidak terlalu pedas di mulut.

Itulah manfaat makan bawang putih mentah. Jangan lupa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan bawang putih mentah.

Khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung atau penyakit saluran pencernaan lainnya. Semoga membantu.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *