Kisah Abu Nawas: Menang Sayembara Bikin Raja Tidur, Modalnya Cuma Cerita Amburadul

Menang Sayembara Bikin Raja Tidur
Menang Sayembara Bikin Raja Tidur. ilustrasi
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – CERITA lucu Abu Nawas ini terjadi ketika Baginda Raja membuat semacam sayembara dan mengundang banyak penyair. Ini dilakukan supaya dapat menceritakan suatu kisah yang bisa membuat Raja tidur.

Ketika itu Raja tidak dapat tidur karena terngiang-ngiang dengan seorang perempuan yang pernah dilihat. Kemudian pada dasarnya ia adalah sosok raja yang baik, tidak mungkin berbuat serong dengan perempuan lain.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Kemudian Raja coba melupakannya, namun bayangan tentang perempuan yang dilihatnya tersebut membuatnya tidak bisa tidur. Oleh karena itu, Raja memutuskan melupakan perempuan itu dengan mendengarkan kisah dari para penyair.

Malam pun makin larut, tidak ada satu penyair pun yang bisa membuat Raja tertidur. Hingga akhirnya giliran Abu Nawas, ia pun menceritakan sesuatu yang sebenarnya tidak jelas kepada sang raja.

“Begini, Raja. Ada seekor semut yang penasaran dengan lubang telinga manusia. Untuk mengobati rasa penasarannya, semut itu masuk ke lubang telinga manusia. Ternyata di dalamnya gelap, dan semut itu tidak nyaman di dalamnya. Semut itu keluar. Tidak lama kemudian, semut itu melihat ke lubang telinga orang itu lagi. Semut tersebut penasaran, lalu masuk lagi ke dalamnya,” kisahnya, seperti dikutip dari laman Alif.

“Ternyata di dalamnya gelap. Semut itu pun keluar lagi. Setelah berada di luar, semut itu masih juga penasaran. Dan lagi semut masuk lagi ke dalam lubang telinga manusia. Ternyata di dalam telinga, semut itu tidak nyaman lagi. Semut itu keluar lagi,” lanjut Abu Nawas.

Sebenarnya Abu Nawas mengisahkan cerita semut itu yang keluar masuk telinga berulang kali. Mendengar itu semua, Raja bosan dengan cerita Abu Nawas tentang semut yang bolak balik masuk telinga. Kemudian sang Raja pun berkata:

“Sudah, sudah. Cerita tidak jelas begini kok dikisahkan kepadaku. Mending aku tidur saja daripada mendengar kisah tak jelas begini.”

Kemudian Abu Nawas akhirnya pulang dan tanpa disadari Raja akhirnya tertidur. Namun ketika bangun, Raja tersadar ternyata kisah-kisah indah para penyair malah membuatnya tak bisa tidur karena malah penasaran dengan cerita.

Lalu Abu Nawas akhirnya memenangkan sayembara itu karena ceritanya yang amburadul, tapi berhasil membuat Raja tidur.

Allahu a’lam bisshawab.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *