Berkualitas, Demokrat Nilai Duet Anies-AHY Tak Tertandingi, PKS: Pasangan Bagus, Opsi Lain Anies-Khofifah

Kolase Anies Baswedan - Khofifah Indar Parawansa
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id — PKS menilai selain Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, opsi pasangan capres dan cawapres lain juga terus dikaji apabila koalisi dengan Demokrat dan NasDem terealisasi.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menanggapi Demokrat yang menyebut Anies-AHY hampir tak tertandingi di Pilpres 2024 jika merujuk pada hasil survei.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“Pasangan yang bagus, tapi mesti dipastikan juga, pasangan ini dapat dukungan pemilih Indonesia, mayoritas di Jateng dan Jatim,” ujar Mardani, Jumat, 30 September.

Mardani Ali Sera mengatakan duet Anies-AHY merupakan perwujudan sosok muda dan berkualitas. Namun, PKS juga mengantongi opsi lain, yaitu Anies berpasangan dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Kalau di PKS, tentu ketua dan para wakil ketua Majelis Syuro dan mitra koalisi bermusyawarah. Tapi opsi lain juga masih dikaji, misal, (duet) Mas Anies dengan Mba Khofifah,” ungkapnya.

Alasan duet Anies-Khofifah jadi alternatif, kata Mardani, agar bisa menarik suara di Jawa Timur. Selain terbukti punya suara di Jatim, Mardani menyebut Ketua Tanfidziyah PBNU itu juga memiliki suara dari massa muslimat.

“Tapi apapun keputusan musyawarah pimpinan akan disambut antusias kader PKS,” pungkas Mardani Ali Sera.

Sebelumnya, Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut duet Anies-AHY hampir tak tertandingi bila merujuk hasil survei.

Mulanya Herzaky menjelaskan, koalisi Demokrat bersama Nasdem dan PKS baru membahas kriteria capres dan cawapres. Sedangkan nama sosok yang akan diusung belum sampai dibahas.

“Memang nama capres ada beberapa usulan yang akan segera mengerucut ini, tapi tentunya hasil diskusi di koalisi ini akan kami bawa kembali di forum internal majelis tinggi partai,” kata Herzaky di Jakarta, Kamis, 29 September.

Herzaky mengungkapkan, Anies menjadi salah satu nama yang didiskusikan internal koalisi Demokrat-NasDem-PKS. Namun, kata dia, dinamika di internal Demokrat menghendaki AHY maju pada Pemilu 2024.

Terkait temuan survei, menurutnya, duet Anies-AHY hampir tak tertandingi jika diusung di Pemilu 2024.

“Kami juga mendapat banyak informasi lembaga-lembaga survei kalau bicara pasangan Anies-AHY itu misalnya hampir tanpa tanding, ini katanya nih, kata lembaga survei besar ya tentu ini jadi bahan pertimbangan. Kalau kami nanti akan diskusikan komunikasikan dengan semua, para parpol sahabat calon mitra koalisi, kami fokusnya baru pada tadi, kriteria, kriteria sosok mana nih yang pas,” pungkasnya.

Sumber: VOI


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *