Ketika Rasulullah SAW Meneteskan Air Mata karena Memikirkan Umatnya

Rasulullah SAW Meneteskan Air Mata
Rasulullah SAW Meneteskan Air Mata
banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id Rasulullah SAW begitu sayang kepada umatnya. Bahkan, diceritakan dalam suatu riwayat, Beliau sampai meneteskan air mata karena memikirkan umatnya.

Kisah ini diceritakan dalam hadits shahih Muslim dari Abdullah bin ‘Amru bin Ash. Ia mengisahkan, ketika Rasulullah SAW membaca ayat Al-Qur’an yang menceritakan tentang perkataannya Nabi Ibrahim dan Nabi Isa,

Bacaan Lainnya


banner 678x960

رَبِّ اِنَّهُنَّ اَضْلَلْنَ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِۚ فَمَنْ تَبِعَنِيْ فَاِنَّهٗ مِنِّيْۚ وَمَنْ عَصَانِيْ فَاِنَّكَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ٣٦

“Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka (berhala-berhala itu) telah menyesatkan banyak manusia. Maka, siapa yang mengikutiku, sesungguhnya dia termasuk golonganku. Siapa yang mendurhakaiku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ibrahim:
36)

اِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَاِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۚوَاِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَاِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ١١٨

“Jika Engkau menyiksa mereka, sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu. Jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (QS Al Maidah: 118)

Rasulullah SAW pun berkata, “Ya Allah, Umatku! Umatku!”

Kemudian, Rasulullah SAW pun menangis. Lalu Allah SWT berkata, “Wahai Jibril, pergilah kamu kepada Muhammad dan ketahuilah bahwa Tuhanmu Mahatahu. Bertanyalah kamu kepada Muhammad, apa yang menyebabkan dia menangis?”

Maka Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW dan bertanya kepadanya apa yang membuatnya menangis. Kemudian, Nabi SAW menjawab, bahwa dirinya sangat mengkhawatirkan umatnya kelak di akhirat nanti.

Setelah itu, Malaikat Jibril menyampaikan apa yang telah dikatakan Nabi SAW kepada Allah SWT. Allah SWT berkata, “Wahai Jibril, pergilah kamu kepada Muhammad dan katakanlah kepadanya kata-kata ini: sungguh, Aku (Allah) akan memberikan syafaat kepada umatmu dan Aku tidak akan menelantarkanmu.”

Menurut Majdi Fathi Sayyid dalam buku Tuhan Izinkan Aku Menangis pada Mu: 200 Kisah Air Mata yang Menetes karena Takut pada Allah, hadits di atas menjelaskan tentang kasih sayang Rasulullah SAW kepada umatnya dan perhatian Nabi SAW terhadap kebahagiaan umatnya.

Selain itu, kata Majdi, hadits di atas juga memaparkan tentang kedudukan Rasulullah SAW di sisi Allah SWT dan besarnya kasih sayang Allah SWT kepada rasul utusan-Nya itu. Sebagaimana firman-Nya:

وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ ٥

“Sungguh, kelak (di akhirat nanti) Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau rida.” (QS Ad Dhuha: 5)


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *