Kenapa Surat Yasin Disebut Jantungnya Al-Qur’an? Ini Penjelasannya

Surat Yasin
Surat Yasin
banner 800x800 banner 678x960
Hajinews.id – Mengapa Surat Yasin sering disebut sebagai jantungnya Al Qur’an oleh mayoritas umat Muslim? Kenapa demikian dan apa yang melandasinya? Segala sesuatu memiliki inti atau jantungnya. Maka jantung bisa disebut sebagai inti yang menggerakkan sesuatu. Begitu juga Al-Qur’an.

Surat Yasin dikatakan jantungnya Al-Qur’an , karena memiliki berbagai keutamaan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam :

“Sesungguhnya segala sesuatu itu ada jantungnya, dan jantung Al-Qur’an adalah Yasin. Aku ingin surah Yasin itu ada dihati setiap umatku.” (HR. al-Bazzar).

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Dalam redaksi lainnya:

“Jantung Al-Qur’an itu ialah surah Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan Dosanya”. (HR. Abu Daud).

Dalam hadis ini, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menginginkan agar surat Yasin ada di dalam hati atau jantung para umat pengikutnya, artinya beliau ingin agar umat beriman digerakkan oleh isi surat Yasin. Hal ini terkait dengan banyaknya keutamaan yang dimiliki Surat Yasin.

Surat Yasin sendiri tergolong ke dalam surat-surat Makkiyah. Surat ke-38 ini memiliki 83 ayat. Surat ini menjadi surat yang istimewa karena memiliki berbagai keutamaan.

Dalam buku ‘Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an‘ karya Amirullah Syarbini, dijelaskan bahwa untuk menghadapi perkara hidup yang sulit kemudian dia membaca surat Yasin, maka Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan kelancaran dalam urusannya.

Apabila surat Yasin dibacakan pada orang yang akan meninggal dunia maka orang yang akan sakaratul maut diberikan kemudahan rohnya keluar dari alam jasadnya. Dan, jika dibacakan kepada orang yang meninggal dunia, maka orang yang meninggal dunia itu Insya Allah akan mendapat rahmat dan berkah dari-Nya.

Jika seorang sedang lapar dan kemudian membaca surah Yasin, Allah Ta’ala akan menurunkan anugerah-Nya dengan memberikan kekenyangan kepadanya. Jika seseorang sedang mengalami ketakutan, kemudian dia membaca surah Yasin, Maka Allah swt akan menghilangkan rasa kecemasan dan ketakutannya. Dan jika seseorang terlilit utang kemudian membaca surah Yasin, Insya Allah Allah akan menyelamatkan dirinya dari uatang piutangnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Lazimkanlah olehmu membaca surat Yasin, Maka di dalamnya ada dua puluh berkat. Jikalau yang membaca orang lapar maka ia akan dikenyangkan. Jikalau yang membaca orang telanjang (orang tak mampu membeli pakaian) maka ia akan dikaruniai pakaian. Bila ia sakit maka ia akan diberi kesembuhan”. (HR. Ali bin Abi Thalib).

Surat Yasin juga menjadi istimewa karena memiliki kandungan ayat yang tidak dimiliki surat lain. Misalnya, Surat Yasin menjelaskan berbagai peristiwa penting seperti kiamat, kebangkitan, penimbangan amal baik dan buruk, neraka hingga surga. Di dalamnya juga terdapat berbagai ajaran kebijaksanaan yang tidak dikandung di surat lain.

Meskipun Yasin tergolong sebagai surat yang tidak memiliki banyak ayat, tapi surat ini berisi berbagai penjelasan penting. Yasin menjelaskan tentang tauhid, larangan dan perintah, hukum, adab hingga penyebutan dunia dan akhirat.

Selain itu, membaca Surat Yasin juga dapat mendatangkan segudang manfaat dan khasiat bagi orang yang beriman. Selain mendapat ampunan, bagi orang yang senantiasa membaca surah Yasin juga akan mendapatkan ridho Allah Ta’ala.

Wallahu A’lam


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *