Ditemukan Pestisida, Hong Kong Tarik Mie Sedaap Korean Spicy Chicken

banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong menemukan pestisida, etilen oksida pada produk mi instan asal Indonesia yakni Mie Sedaap goreng rasa Korean Spicy Chicken. Produk itu didistribusikan oleh agen tunggal Golden Long Food Trading Ltd dan PARKnSHOP (HK) Limited sebagai pengecer.

“CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian secara rutin di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida,” kata CFS dalam keterangan resmi, Rabu (28/9/2022).

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Badan tersebut mengatakan pihaknya telah memberi tahu vendor yang bersangkutan dan memberikan instruksi untuk menghentikan penjualan dan menarik produk Mie Sedaap yang terkontaminasi pestisida dari pasar.

“Pengecer yang bersangkutan telah mulai menarik kembali produk yang terpengaruh. Masyarakat dapat menghubungi hotline di 2606 8658 selama jam kerja untuk pertanyaan tentang penarikan produk yang bersangkutan,” tuturnya.

CFS juga mengimbau masyarakat Hong Kong untuk tidak mengkonsumsi produk Mie Sedaap yang terkena pestisida walaupun sudah terlanjur membelinya. CFS mengaku akan memperingatkan kepada pedagang atas insiden tersebut dan akan terus menindaklanjutinya dengan mengambil tindakan yang sesuai. Saat ini investasi sedang berlangsung.

“Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Pangan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan. Pelaku dapat dikenakan denda maksimum 50.000 dolar Hong Kong dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah,” demikian keterangan CFS.

Media Relations Executive Wings Group Indonesia, Andini Mardiani mengatakan pihaknya akan mengonfirmasi terkait Mie Sedaap ini terlebih dahulu.

“Terima kasih untuk infonya, kami harus konfirmasi terlebih dahulu ya,” katanya.

Sumber

 

 

 

 

 

 

 

 


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *