Deklarasi Anies Capres 10 November 2022, Ini 8 Cawapres yang Ditawarkan PKS, Demokrat, dan Nasdem

banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id — Koalisi tiga partai politik yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres pada Pilpres 2024.

Anies Baswedan rencananya akan dideklarasikan jadi Capres pada 10 November 2022 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

“Kandidat capres yang akan diusung Partai Nasdem itu ada 3 kan sejak awal, Pak Andika Perkasa, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Secara logika politik yang paling memungkin kan ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan,” ungkap politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan, Selasa (27/9/2022) seperti dikutip dari Kompas.TV.

“Jadi soal capres pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen,” katanya menambahkan.

Lalu siapa Cawapres Anies?

Zulfan belum memastikan mengenai calon wakil presiden pasangan Anies Baswedan dalam bursa calon presiden-wakil presiden.

Bisa saja diumumkan secara langsung atau bersamaan jika selesai dibahas.

“Kan yang urgent itu capres duluan, tapi kalau dari sekarang sampai 10 November soal capres sudah selesai ya, ya (diumumkan -red) bareng-bareng, tapi kalau belum kan bisa dilanjutkan lagi,” kata Zulfan.

“Politik itu lentur aja, hari ini keras, besok lentur, sekarang lentur, besok keras, kan biasa itu, seninya berpolitik kan di situ, jangan dilihat kaku.”

Apalagi, lanjut Zulfan, komunikasi yang terbangun antara Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat cukup intens saat ini.

“Wah sangat intens (Komunikasi dengan PKS dan Partai Demokrat), itu komunikasi pada tingkat tim yang sudah dibentuk di antara tiga partai ini intens sekali, berjalan,” ujar Zulfan.

 Berikut Capres Usulan PKS

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan pihaknya akan menawarkan kader terbaiknya untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) kepada Nasdem dan Partai Demokrat dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Mereka adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, mantan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman.

Meski begitu, kata dia, PKS tak akan memaksakan kadernya untuk menjadi cawapres.

Capres dari Nasdem dan Demokrat

Muhammad Kholid mendengar Partai Nasdem mengajukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa atau Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres Anies.

Sementara dari Partai Demokrat sejak awal mengajukan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.

Muhammad Kholid mengakui Nasdem, Demokrat dan PKS akan setuju dengan pengusungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres pada Pilpres 2024.

“Kalau dari sisi capres, sosok Gubernur DKI Anies Baswedan muncul menjadi salah satu yang terkuat dalam pembahasan kami meskipun tidak menutup pada pilihan yang lain. Bagi PKS, meskipun Anies bukan kader tetapi Anies memiliki sejarah kebersamaan dengan PKS saat Pilkada DKI dan memimpin DKI. Kader-kader PKS juga bisa menerima sosok Anies,” ujarnya.

Sumber: Kompas


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *