Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh

Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh
Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh
banner 800x800 banner 678x960

Oleh : Ahmad Sastra

Hajinews.id – Seorang muslim adalah orang yang tunduk dan patuh kepada apa yang diperintahkan Allah dan Rasulullah. Pola pikir dan pola sikap seorang muslim selalu dalam timbangan ajaran Islam. Baik buruk seorang muslim adalah baik buruk menurut Islam. Kebaikan seorang muslim adalah saat dinilai baik oleh Islam, bukan baik buruk menurut pandangan manusia. Karena itu kebaikan dalam pandangan Islam dan sekuler sangat berbeda, bagai langit dan bumi.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Baik menurut Islam belum tentu baik dalam pandangan manusia, apalagi dalam pandangan sekulerisme. Baik menurut Islam belum tentu dianggap baik menurut penguasa. Lihatlah seluruh nabi yang baik dan mulia, namun justru dianggap buruk oleh penguasa.

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi (QS Al Fath : 28)

Nabi Musa dianggap buruk dan dimusuhi oleh penguasa fir’aun. Nabi Ibrahim dianggap buruk dan musuh oleh rezim namrud. Bahkan Rasulullah yang baik dan mulia dianggap buruk oleh rezim kafir quraisy, hingga harus mendapatkan ancaman, persekusi, diskriminasi dan bahkan berbagai tuduhan keji. Jadi baik dan buruk itu timbangannya adalah syariah Islam, bukan manusia maupun penguasa.

Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai (QS At Taubah : 33)

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci (QS As Shaf : 9)

Rasulullah saat berdialog dengan Wabishah tentang kebaikan, beliau bersabda :  “Mintalah fatwa pada dirimu, mintalah fatwa pada hatimu wahai Wabishah (bin Ma’bad Al-Aswadi). (Nabi mengulanginya tiga kali). Kebaikan adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hati tenang. Dosa adalah sesuatu yang (terasa) tidak karuan dalam jiwa dan (terasa) bimbang dalam dada.” (HR Ahmad).

Rasulullah SAW dalam sebuah haditnya menegaskan: “Kebaikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah apa saja yang meragukan jiwamu dan kamu tidak suka memperlihatkannya pada orang lain.” (HR. Muslim)

Dengan demikian dadi wong apik adalah menjadi orang yang beriman dan bertaqwa, yakni orang yang senantiasa tunduk dan patuh kepada perintah Allah, serta menjauhi larangan Allah, meskipun dijauhi, dimusuhi dan bahkan diancam oleh manusia dan penguasa.

Begitupun dengan berormas dan berorganisasi harus semata untuk kebaikan, yakni organisasi yang mengajak manusia ke jalan Allah. Meskipun dalam politik sekuler, organisasi dakwah seringkali mendapat persekusi dan pembubaran, namun bukan berarti organisasi itu salah. Sebab kebaikan itu ukurannya baik menurut Allah, bukan menurut penguasa yang justru anti agama (sekuler). Penilaian penguasa sekuler atas organisasi dakwah bukanlah alasan untuk tetap menjaga persatuan diantara sesama kaum muslimin atau sesama organisasi penyeru Islam. Berbuatlah karena Allah, jangan karena manusia, apalagi karena penguasa, sebab bisa terjebak perbuatan riya’.

Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS Ali Imran : 104)

Dan berpegang-teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk (QS Ali Imran : 103)


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *