Apa Memang Ada Partai Politik di Arab Saudi?

Ada Partai Politik di Arab Saudi?
bendera arab saudi. foto istimewa

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.idArab Saudi merupakan salah satu negara yang dipimpin dalam sistem pemerintahan monarki. Negara ini kaya akan minyak dan menjadi tujuan ibadah haji dan umrah bagi umat Muslim.

Sebagaimana dikutip dari Britannica, Arab Saudi dikuasai oleh keluarga Saud. Kini, negara itu diperintah oleh Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MbS).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan situs resmi Kedutaan Besar Arab Saudi, pemerintahan negara itu dipimpin oleh raja, yang juga menjabat sebagai pemimpin komando militer.

Raja kemudian menunjuk seorang putra mahkota untuk membantunya mengerjakan tugas kenegaraan. Putra mahkota sendiri merupakan garis kedua penerus takhta kerajaan.

Melihat sistem Saudi yang menganut monarki absolut, masyarakat hanya mendapatkan sedikit bagian dalam berpartisipasi di ranah politik.

Arab Saudi tak menyelenggarakan pemilihan untuk mengisi jabatan di lembaga nasional. Tak hanya itu, Saudi juga melarang partai politik.

Sebagaimana dilansir Wilson Center, Arab Saudi tak memberikan celah bagi warga untuk berpartisipasi secara politik. Saudi juga tak memiliki organisasi politik dalam bentuk apapun. [cnn]


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.