Kiprah Azyumardi Azra di LIPI, Mantan Kepala LIPI: Selamat Jalan Sahabat, Baktimu Sungguh Besar Untuk Negeri Ini

Kiprah Azyumardi Azra di LIPI
Azyumardi Azra

banner 800x800

banner 400x400

Oleh; Prof. Dr. H. Lukman Hakim, M.Sc, Apt ( Mantan Kepala LIPI )

Hajinews.id – Innnalillahi wa innailaihi roji’un, Kita kehilangan seorang pemikir besar yang sangat dicintai banyak ilmuan. Pada tahun 2010 Saya dan Prof Umar Jenie diberitahu bahwa pemerintah akan menempatkan orang luar sebagai Kepala LIPI yakni Prof Azyumardi Azra. Kami diam saja dan menerima pemberitahuan itu. Saya yang kenal lama Azyumardi kemudian bertemu dan mengucapkan selamat atas info yang barusan saya dengar. Azyumardi Azra menjawab bahwa memang beberapa tawaran yang dimintakan pada Saya, tapi tidak begitu saja bisa saya terima.

Bacaan Lainnya

Saya tahu kapasitas Saya, katanya. Anda pernah di LIPI saya yakin anda diterima dan Saya mendukung jawab saya. Lukman: LIPI bukan hanya IPSK saja – bagian keilmuan lain justru lebih besar dan saya tidak berpengalaman di bidang-bidang itu. Betapa besar hormat saya pada tokoh ini yang berpengalaman sebagai wartawan – peneliti politik – dosen – rektor dan reputasi internasional di bidang yang ditekuninya.

Pertemuan saya dengan Azyumardi tersebut saya ceritakan ke Prof Umar Jenie untuk menenangkannya. Betapa tidak info datang dari seorang Menteri, Wapres JK adalah Ketua TPA yang memutuskan dan Prof Azyumardi Azra sendiri Deputy di Kantor Wapres. LIPI sendiri memang sudah memasukkan nama 3 calon untuk diajukan.

Demikianlah secuil pengalaman saya pada Almarhum. Beberapa bulan terakhir almarhum menjadi garda depan menyampaikan pemikirannya tentang pembubaran lembaga lembaga penelitian dalam membentuk BRIN.

Pemikirannya berbobot terus disampaikannya karena pengetahuannya yang mendalam atas LPNK dan Lembaga Penelitian Kementerian. Selamat jalan sahabat -baktimu sungguh besar untuk negeri ini – kau telah berbuat yang terbaik dan pergi dengan husnul khatimah. Allahumafirlahu wa afii wafuanhu.

Pondok Labu, 17 September 2022


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.