Hikmah Siang: Wajib Kita Belajar Ilmu Agama Dengan Benar Sesuai Pemahaman Para Salafus Shalih


banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id – Ada orang yang telah sholat 60 tahun, namun pada akhirnya tidak ada satupun dari sholatnya yang diterima, sebab ia tidak menyempurnakan ruku’nya dan tidak menyempurnakan sujudnya.

Ada orang yang sudah merasa menutup auratnya, namun pada akhirnya ia tidak dapat mencium baunya surga, Sebab ia masih tergolong orang-orang yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang.

Bacaan Lainnya

Ada orang yang bersamangat dan bersusah payah beribadah ini itu, namun pada akhirnya semua ibadahnya sia-sia dan tertolak, sebab ia tidak mengikuti tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ada orang yang telah banyak mengerjakan amal sholeh, puasa, haji, umroh, sedekah, shalat, namun pada akhirnya semua amalnya terhapus dan lenyap bagai debu berterbangan, sebab ia juga berbuat syirik.

Wahai saudaraku,
Dari mana kita tahu bahwa sholat yang kita kerjakan sudah benar.
Dari mana kita tahu bahwa cara berpakaian kita sudah benar.
Dari mana kita tahu bahwa ibadah yang kita kerjakan sudah benar.
Dan dari mana kita tahu bahwa itu perbuatan syirik, Jika kita tidak belajar ilmu agama dengan benar ?

Karena itu pentingnya kita belajar ilmu agama dengan benar sesuai pemahaman para salafus shalih, bahkan wajib bagi setiap muslim untuk mempelajarinya.

Sebab dengan belajar ilmu agama, maka kita akan tahu mana yang halal dan mana yang haram, mana yang salah dan mana yang benar, mana yang sunnah dan mana yang bid’ah, mana yang tauhid dan mana yang menyekutukan Allah.

Hasan Al–Bashri rahimahullah berkata,

الْعَامِل على غير علم كالسالك على غير طَرِيق وَالْعَامِل على غير علم مَا يفْسد اكثر مِمَّا يصلح فَاطْلُبُوا اللم طلبا لَا تضروا بِالْعبَادَة واطلبوا الْعِبَادَة طلبا لَا تضروا بِالْعلمِ

“Beramal tanpa ilmu itu seperti berjalan di luar jalur. Orang yang beramal tanpa ilmu, maka kerusakan yang ditimbulkannya akan lebih banyak daripada kebaikan yang diraih. Maka carilah ilmu dengan tidak mengganggu ibadah, dan beribadahlah dengan tidak mengganggu mencari ilmu.” [Miftaah Daaris Sa’aadah, 1/83]

Semoga Allah ﷻ memberikan kita kemudahan untuk belajar ilmu agama dan menjadikan ilmu kita bermanfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat kita.

📲 @IslamAdalahSunnah

Telegram

​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.