Inilah Penyebab Asam Urat di Kaki yang Patut Diwaspadai, Simak Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Urat di Kaki
Penyebab Asam Urat di Kaki

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.idPenyebab asam urat di kaki jarang disadari oleh penderitanya. Salah satu anggota tubuh yang sering mengalami asam urat adalah kaki. Saat kambuh, biasanya kaki akan terasa nyeri hingga kesulitan untuk berjalan. Tentu saja kondisi tersebut dapat menghambat kelancaran aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Penyebab asam urat di kaki ini perlu diwaspadai.

Kendati sudah lumrah ternyata masih banyak orang yang belum paham betul mengenai apa itu asam uratAsam urat adalah hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) suatu zat yang bernama purin. Zat purin adalah zat alami yang merupakan salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA dan RNA.

Bacaan Lainnya

Ada dua sumber utama purin yaitu purin yang diproduksi sendiri oleh tubuh dan purin yang didapatkan dari asupan makanan seperti tanaman atau hewan. Asam urat sebenarnya memiliki fungsi dalam tubuh yaitu sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Metabolisme tubuh secara alami menghasilkan asam urat. Asam urat menjadi masalah ketika kadar di dalam tubuh melewati batas normal.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai penyebab asam urat di kaki yang penting diwaspadai, lengkap dengan cara mengatasinya telah dirangkum melalui media.neliti.com dan berbagai sumber lainnya.

Penyebab Asam Urat

1. Berat Badan Berlebih
Penyebab asam urat di kaki yang pertama adalah karena berat badan berlebih. Hal ini bisa membuat tubuh cenderung memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh.

2. Riwayat keluarga
Penyebab asam urat di kaki berikutnya adalah karena memiliki riwayat keluarga. Jika ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki masalah asam urat, maka risiko kamu mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat.

3. Makanan dan minuman
Penyebab asam urat di kaki selanjutnya adalah karena sering mengonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan seperti hati, ampela, paru, usus, makanan laut seperti kepiting, kerang, udang, cumi dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

4. Obat-obatan
Penyebab asam urat di kaki juga bisa karena konsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya obat diuretik atau obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh serta aspirin.

Proses penyembuhan cidera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab asam urat.

Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui penyebab asam urat di kaki, berikutnya kamu perlu tahu cara mengatasinya. Cara mengatasi asam urat bisa dengan memperhatikan menu makanan dan menerapkan pola hidup sehat. Meski memang penyakit ini tak bisa disembuhkan total, tapi gejala asam urat dapat diatasi dengan cara-cara berikut ini:


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.