Hikmah Pagi: Jadilah Orang Yang Bermanfaat

banner 800x800 banner 678x960

Hajinews.id – Subhanallah… Coba perhatikan hadis yang kami sertakan dalam gambar, di sana Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya siapa orang yang paling dicintai oleh Allah, ternyata ia adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia. Ini menunjukkan kepada kita bahwa Islam mengajarkan agar kita gemar memberikan manfaat kepada orang lain. Bukan sebaliknya, yaitu menjadikan agar bagaimana orang lain bermanfaat buat kita. Tapi yang hendaknya kita pikirkan adalah bagaimana agar kita bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Oleh karena itulah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Tangan di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah.” (HR. Bukhari 1429, Muslim 1033).

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam menganjurkan kepada umatnya agar memiliki jiwa yang gemar memberi manfaat dan tidak bersandar kepada orang lain. Oleh karena itu juga Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Bersemangatlah kalian kepada apa yang bermanfaat bagi kalian, mintalah pertolongan Allah, dan jangan malas” (HR. Bukhari 3591, Muslim 2664).
Seorang mukmin selalu memikirkan bagaimana agar hidupnya bermanfaat.

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Orang yang punya kelebihan harta, ia berpikir bagaimana memberi manfaat dengan hartanya. Siapa yang memiliki kelebihan ilmu, ia berpikir bagaimana ilmunya bisa memberi manfaat kepada manusia. Siapa yang memiliki tenaga, ia berpikir bagaimana agar tenaganya bisa bermanfaat kepada manusia. Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Engkau membantu seseorang menaikkan barang ke atas kendaraannya, itu adalah sedekah” (HR. Muslim, 1009). Demikianlah Islam menganjurkan umatnya agar menjadi orang yang bermanfaat.

Semoga kita bisa menjadi orang yang bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain dan lingkungan kita. Aamiin.

Penulis: Ust Abu Yahya Badrusalam
Muslim.or.id

Gabung Channel Telegram Kami


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *