Imbas Harga BBM Naik Sejumlah Nelayan Memilih Tak Melaut

Harga BBM Naik Nelayan Tak Melaut
Harga BBM Naik Nelayan Tak Melaut

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Aktivitas nelayan di dermaga Lampulo Banda Aceh terlihat lesu, bahkan sejumlah kapal bersender di dermaga. Nelayan hanya bisa pasrah pasca naiknya harga BBM.

Meski harga BBM naik, nelayan tetap harus melaut karena jika tidak berlayar puluhan anak buah kapal akan menganggur karena mereka hanya menggantungkan hidup dari upah mencari ikan dilaut.

Bacaan Lainnya

Sebagian tidak melaut mereka mengisi waktu dengan memperbaiki jaring tangkap ikan, bahkan tak jarang mereka juga menerima orderan perbaikan jaring ikan dari nelayan lainnya. seperti yang dilakukan oleh Muhammad Suib warga Aceh Timur, sebagai pembuat jaring ikan iini sudah menekuni profesinya sudah 17 tahun. Dirinya sering mengajak nelayan yang tidak melaut untuk membantunya membuat jaring.

Para nelayan di Aceh berharap ada kebijakan dari pemerintah yang membantu mereka, terutama bagi nelayan yang menggunakan boat kecil untuk menangkap ikan. Kenaikan harga BBM ini sangat berdampak bagi mereka, karena hasil tangkapan ikan tidak stabil setiap harinya, padahal sebagian besar masyarakat Aceh bermata pencaharian sebagai nelayan. [KompasTV Aceh]

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.