Presiden AS Joe Biden: Selamat Merdeka Indonesia, Kita Punya Semboyan yang Sama

Joe Biden menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia
Joe Biden menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.id – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022). Ucapan itu disampaikan melalui surat yang tertera di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Jakarta.

“Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus,” tulis Biden.

Bacaan Lainnya

Ia kemudian menekankan persamaan semboyan Indonesia dan Amerika Serikat yang mengutamakan persatuan.

Jika Indonesia memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dengan arti, walau berbeda-beda, tetapi tetap satu, Amerika Serikat punya motto “E Pluribus Unum” dengan makna serupa.

“Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak sejarah ini, di tengah sejarah panjang dan bersama, yang dibangun di atas visi tersebut,” kata Biden.

“Saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita, bersama, untuk memajukan komitmen kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, makmur, tangguh dan langgeng,” imbuh Presiden AS itu.

Di akhir suratnya, Biden menegaskan Amerika Serikat ikut merayakan momen ini sebagai “teman dan mitra strategis.”

Sejumlah negara juga terpantau mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui duta besar mereka, seperti Ukraina dan China.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.