Hendi Ajak Tinggalkan Politik Identitas

Hendi Ajak Tinggalkan Politik Identitas
POTONG TUMPENG: Wali Kota Semarang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tia Hendrar Prihadi memotong tumpeng menandai tasyakuran HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Balai Kota Semarang, Selasa malam (16/8).

banner 800x800

banner 400x400

SEMARANG, Hajinews.id – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengingatkan warganya untuk terus memupuk semangat kebersamaan, guyub rukun  dan gotong royong. Sebaliknya dia mengajak untuk meninggalkan politik identitas.

‘’Hanya karena haus kekuasaan menggunakan agama sebagai tunggangan. Politik ya politik saja. Politik yang baik yang tidak memecah belah, bersainglah secara sehat dengan menunjukkan prestasi. Jangan gunakan politik identitas,’’ tegasnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan hal itu dalam upacara Tasyakuran HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Balai Kota, Jalan Pemuda Semarang, Selasa malam (16/8).

Tasyakuran didahului shalat berjamaah diimami Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang Dr KH Anasom M.Hum.

Wali Kota dan Ketua Tim Penggerak PKK Tia Hendrar Prihadi memotong tumpeng dan diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Dr dr H Abdul Hakam SpPD dan Kepala RSUD dr Susy Herawati. ‘’Dua orang ini yang telah berjasa berjibaku pada saat Kota Semarang melawan Covid-19,’’ kata Hendi.

Usai shalat Isa, hadirin diajak mengamini doa syukur yang dipimpin Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah Kalialang Gunungpati KH Said AlMasyhad dan Ketua PD Muhammadiyah Kota Semarang Drs KH Fachrurrozi. Hadir dalam kesempatan itu Iswar Aminuddin, Asisten Nana Storada, para Forkompimda dan pejabat di lingkungan Pemkota Semarang.

Tampak di deretan sof awal Dr KH Moeslihan, Drs KH Ahmad Hadlor Ihsan, Dr KH In’amuzzahidin dan lain-lain.

Pesan Presiden

Sementara itu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara daring turut mengikuti Rapat Paripurna Istimewa pada Sidang Tahunan MPR RI, dimana secara khusus teragenda untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022.

Adapun terkait sejumlah pesan yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, Hendi menekankan pentingnya pesan tersebut diketahui oleh masyarakat secara luas. Untuk itu dirinya menegaskan akan meneruskan isi pesan dari Presiden RI, Joko Widodo dan Ketua DPR RI, Puan Maharani kepada masyarakat pada wilayah yang dipimpinnya.

PIMPIN DOA: Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah, Kalialang, Gunungpati KH Said Al-Masyhad memimpin doa tasyakuran HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Balai Kota Jalan Pemuda Semarang, Selasa malam (16/8).

Mengutip apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, Hendi menyebutkan jika kekompakan, persatuan, kolaborasi, serta gotong royong memang menjadi sejumlah kata kunci penting dalam upaya membangun negara. Dirinya bahkan mengungkapkan bangga atas sejumlah capaian yang diraih Indonesia saat ini. “Pada perayaan Kemerdekaan RI ini rasa kebanggaan kita terhadap Indonesia ini ditekankan pada sambutan Bapak Presiden dengan berbagai indikator-indikator,” kata Hendi.

Hendi menggarisbawahi soal pernyataan Presiden Jokowi terkait pemulihan ekonomi Indonesia yang terus menguat, yaitu tumbuh 5,01% di Triwulan I tahun 2022, dan kemudian lebih menguat signifikan menjadi 5,44% di Triwulan II tahun 2022. “Di dunia luar, jalur inflasinya demikian luar biasa. Tapi Alhamdulillah di Indonesia dengan kekuatan gotong royong kemudian semua memiliki rasa cinta dan bangga terhadap bangsa ini membuat Indonesia jauh lebih baik,” kata Hendi.

Lebih lanjut, Hendi menegaskan jika upaya yang dilakukan di Kota Semarang juga sejalan dengan semangat pembangunan di tingkat pusat. Untuk itu melalui konsep bergerak bersama yang digagasnya, dia pun yakin tren positif di tingkat nasional juga terus bisa diikuti Kota Semarang. “Tinggal kita masifkan lagi dan ingatkan lagi kepada masyarakat Kota Semarang bahwa ternyata dengan konsep bergerak bersama kita bisa menjadi lebih tangguh dari daerah-daerah lain di dunia,” katanya.

Menanggapi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 yang diperkirakan mencapai angka 5,3%, Hendi pun menargetkan peningkatan ekonomi di Kota Semarang juga akan melompat lagi di tahun 2022. “Tahun kemarin pertumbuhan ekonomi kita sudah mencapai 5,16% mestinya di tahun 2022 ini kita bisa menembus di 6%,” tutur Hendi.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.